oleh

Terdampak Corona, Ratusan Warga Sangkan Gunung Terima BLT 3 Bulan

Bali, faktapers.id – Wujud nyata terhadap dampak pandemi Covid-19, sejumlah masyarakat dari 9 dusun, di Desa Sangkan Gunung, Sidemen, Karangasem menerima bantuan langsung tunai (BLT) berupa buku tabungan (tarikan non tunai), Selasa (12/5).

BLT ini bersumber dari Dana Desa (DD) hasil Musdes khusus perubahan APBDes tahun 2020. Selanjutnya penerima bisa melakukan proses penarikan bantuan di 5 LPD desa adat setempat.

Perbekel (Kades) Sangkan Gunung, I Nyoman Suara didampingi Bendahara Desa, Bhabinkamtibmas I Nyoman Darma, Bhabinsa I Made Mustika, dan pendamping Desa I Gede Subita mengatakan, ada sebanyak 188 kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan.

Di mana untuk kriteria penerimanya, harus warga miskin yang terdampak pandemi corona, serta tidak terdata atau bukan penerima PKH, BPNT, dan jaring pengaman sosial lainnya.

“Astungkara, hari ini kita bisa menyerahkan secara simbolis BLT itu untuk masyarakat,” ungkap Nyoman Suara.

Disebutkan, untuk pendataan warga yang menerima BLT, melalui musyawarah dengan melibatkan kepala dusun dan tokoh-tokoh masyarakat. Adapun tiap KK mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama tiga bulan ke depan.

“Mudah-mudahan masyarakat yang menerima dapat memanfaatkan bantuan itu dengan benar dan tidak digunakan di luar yang diinstruksikan,” harapnya.

Ia juga berharap bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan pokok warga di tengah pandemi Covid-19. Serta berharap wabah corona segera berakhir, sehingga masyarakat dapat kembali hidup normal seperti biasa.

“Kita, Desa Sangkan Gunung akan terus melangkah dan berupaya semaksimal mungkin untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini,” terang Nyoman Suara menyudahi. (Ans)

Komentar

News Feed