Aksi Kemanusiaan Donor Darah ASN Jakarta Utara, Maknai HUT DKI ke-493

×

Aksi Kemanusiaan Donor Darah ASN Jakarta Utara, Maknai HUT DKI ke-493

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) silih berganti mendatangi Lantai 2 Gedung Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (24/6). Kedatangannya memaknai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-493 dengan mengikuti aksi donor darah sukarela (Dondarela) sebagai wujud Tangguh Jakarta.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan langkah nyata mewujudkan ‘Tangguh Jakarta’ dalam merangkul HUT DKI Jakarta ke-493.

Dengan berbangga hati dan bahagia, ASN mampu menjadi pelopor dalam berkolaborasi menciptakan Jakarta yang berketahanan, mulai dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam rangkaian HUT DKI Jakarta. Kita berbangga dan berbahagia ASN menjadi pelopor dalam rangka berkolaborasi menciptakan ‘Tangguh Jakarta’, Jakarta Utara yang berketahanan. Terlebih lagi dalam masa pandemi Covid-19,” kata Sigit, saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (24/6).

Dijelaskannya, semangat ketangguhan ini harus disiapkan dan semakin bertambah baik dalam kegiatan keseharian maupun melayani masyarakat. Tidak hanya untuk ASN yang berpartisipasi di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, semangat ini menjadi pelopor bagi seluruh kader penggerak di masyarakat, mulai dari RT/RW, kelurahan, dan kecamatan.

“Semangat ketangguhan ini harus diperbaiki dan semakin terbina dalam kegiatannya hari ini di Jakarta Utara. Aksi yang dilakukan oleh kontingen ini dilakukan bahkan sejak Ramadhan lalu baik di tingkat kelurahan dan kecamatan, seperti kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Dasawisma, dan lain sebagainya sudah melakukan aksi ini, “jelasnya.

Kepala Suku Badan Kepegawaian Administrasi Kota Jakarta Utara Mardi Dwi menerangkan, sebanyak 150 ASN dan pegawai menjadi target aksi dondarela ini. Diharapkan dengan adanya aksi ini, kepekaan sosial terjalin untuk saling membantu manusia yang membutuhkan stok darah di PMI Kota Jakarta Utara

“Ini kegiatan rutin kami (Suku Badan Kepegawaian). Dalam persetujuan ada 2 kali penyelenggaraan. Selain memperingati HUT DKI Jakarta ke-493, Kegiatan ini membantu PMI memenuhi persediaan emas dan juga meningkatkan kepekaan sosial ASN dan pegawai,” terangnya.

Di Lokasi Terkait, Wakil Ketua Bidang Bencana, PMI Kota Jakarta Utara, Dwi Haryanto memastikan, melaksanakan Dondarela ini membantu menerapkan protokol kesehatan mulai dari pengenaan masker, memeriksa suhu tubuh, melihat antrean, dan menyediakan pembersih tangan. Bahkan dipastikan petugas PMI pun turut menggunakan alat pelindung diri (APD) demi menghindari perpindahan Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini memang harus menjadi donor masyarakat untuk melakukan donor darah. Tapi ini harus kita sikapi bersama dengan menggunakan protokol kesehatan. Petugas sterilisasi memakai APD lengkap. Jadi ga perlu khawatir untuk donor darah,” tutupnya. (Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *