oleh

Bangun Pondok Edukasi Rumput Vetiver, Kapolres Gowa Beri Apresiasi

Gowa, faktapers.id – Kapolres Gowa AKBP Boy Samola, Sabtu sore (06/06/2020) pukul 16.00 Wita kunjungi Pondok Edukasi Rumput Vetiver yang berjarak 130 km dari ibukota Kab Gowa Sungguminasa.

Awalnya lokasi pondok yang berada tepat bawah kaki gunung Bawakaraeng tersebut merupakan tebing yang tidak bermanfaat kemudian disulap menjadi pondok edukasi rumput vetiver oleh Bhabinkamtibmas Lingkungan Mapadang Kel Tamona Kec Tombolo Pao Kab Gowa BRIPKA Suherman.

Pondok tersebut dirintis saat Kec Tombolo Pao mengalami bencana alam tanah longsor kemudian iapun belajar melalui google dan mencari tanaman yang bermanfaat guna pencegahan lalu menemukan tanaman tersebut kemudian dibudidayakan saat ini.

Ia tidak sendiri dalam membangun pondok tersebut dimana kepala lingkungan dan masyarakat sekitar ikut membantu dan atas upaya tersebut menjadikannya sebagai Polisi Teladan se jajaran Polda Sulsel yang pada akhirnya mewakili Polda Sulsel pada lomba Polisi Teladan tingkat Mabes Polri.

Kapolres Gowa Saat dikonfirmasi terkait pondok edukasi mengatakan,” saya bangga dan mengapresiasi anggota yang memiliki terobosan ini demikian juga buat kepala lingkungan dan warga yang telah mendukung Bhabinkamtibmas dan berharap dapat menjadi edukasi bagi masyarakat Tombolo Pao maupun masyarakat Sul Sel pada umumnya, tutur Kapolres Gowa AKBP Boy Somola.

Selain budidaya rumput vetiver Bhabinkamtibmas ini juga ikut menguatkan ketahanan pangan dengan memanfaat lahan yang ada dengan menanam sayuran dan memelihara ikan mas serta nila di aliran sungai kecil yang telah diisi benih ikan ratusan ekor.

Karena terobosannya banyak menginspirasi masyarakat umum selanjutnya Bbabinkamtibmas Polres Gowa menjadi yang terbaik dalam pemilihan Polisi Teladan tingkat Polda Sulsel dan berharap menjadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya,” tambah Boy. kartia

Komentar

News Feed