Heroik, Tiga WNI yang Diculik Bajak Laut Berhasil Dibebaskan

×

Heroik, Tiga WNI yang Diculik Bajak Laut Berhasil Dibebaskan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Tiga warga negara Indonesia yang diculik bajak laut di perairan Gabon akhirnya berhasil dibebasakan berkat operasi rahasia yang dilaksanakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abuja, Korea Selatan serta KBRI di Paris dan Konsulat Kehormatan Gabon dan Nigeria.

Ketiganya dilepas di Calabar, Nigeria dan setelahnya dibawa ke safe house atau rumah perlindungan di Abuja, sambil menunggu penerbangan ke Indonesia.

“Alhamdulilah sekarang sudah di wisma Indonesia di Abuja. Setelah landing (mendarat) di Abuja, Nigeria, teman-teman eks sandera sujud syukur. Cukup mengharukan melihat mereka kembali menikmati kebebasan,” kata Dubes RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap, Kamis (11/6).

Sementara itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menjelaskan, para WNI itu diculik perompak sekitar satu bulan yang lalu.

“Ada tiga WNI yang diculik pada 3 Mei 2020, bersama dengan dua warga negara Senegal dan satu warga Negara Korsel,” ujar Direktur Perlindungan WNI (PWNI) Kemlu, Judha Nugraha.

Para WNI diculik dan disandera, saat bekerja di kapal ikan berbendera Senegal. Mereka dibebaskan pada 8 Juni lalu.

“Selain pemerintah, pembebasan para WNI ini juga berkat kerja sama dengan pemilik kapal. Saat ini ketiganya dalam kondisi sehat,” terang Judha. (Uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *