oleh

Masa New Normal, Kolinlamil Gelar Donor Darah

Jakarta, faktapers.id – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-59, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar bakti sosial donor darah untuk disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara yang dilaksanakan di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (22/6).

Kegiatan donor darah ini dimotori oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) dr Ari Widiyasa, Sp.OG, dan terlaksana atas kerja sama Dinas Kesehatan Kolinlamil dengan Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara.

Kali ini, di tengah situasi masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju new normal, donor darah yang digelar dibatasi hanya untuk kalangan prajurit, PNS, dan Jalasenastri Kolinlamil.

Sebanyak 200 orang antusias datang mendaftarkan diri sebagai peserta untuk menyumbangkan darahnya. Namun hanya 177 kantong darah yang memenuhi syarat untuk diambil yaitu 43 kantong darah golongan A, 57 kantong darah golongan B, 12 kantong darah golongan AB, dan 65 kantong darah golongan O.

Menurut dr Ari, banyaknya peserta yang tidak dapat diambil darahnya oleh petugas, rata-rata disebabkan oleh tensi darah peserta yang masih tinggi dan HB darah yang tidak memenuhi syarat antara 13 hingga 17 miligram persen.

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Abdul Rasyid K mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan bakti sosial jajaran Kolinlamil dalam rangka menyambut peringatan HUT-nya ke-59 terhadap masyarakat untuk membantu pemerintah dalam ketersediaan darah bagi yang membutuhkan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Kolinlamil turut serta membantu pemerintah melalui PMI terhadap ketersediaan darah, yang akan disalurkan ke rumah sakit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas Pangkolinlamil.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, turut hadir Aspotmar, Asrena, kadiskomlek, Kaakun, dan para anggota Jalasenastri Kolinlamil. (Han)

Komentar

News Feed