Headline

Ratusan Prajurit Kolinlamil Uji Kemampuan Fisik

×

Ratusan Prajurit Kolinlamil Uji Kemampuan Fisik

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebanyak 100 prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan uji samapta rutin di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/1).

Uji kemampuan fisik ini diikuti oleh seluruh anggota Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS yang dipantau langsung Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan.

Materi Test Samapta rutin yang dilaksanakan secara periodik dua kali dalam setahun ini meliputi lari selama 12 menit (Baterai A) selanjutnya push up, sit up, pull up serta shutle run (Baterai B).

Sebelum melaksanakan uji samapta, diawali dengan pengecekan personel, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan mengukur tensi dan denyut nadi para peserta oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kolinlamil dan apabila ada prajurit yang kedapatan tensi tinggi untuk sementara waktu tidak melaksanakan uji samapta dan mengambil samapta di lain hari.

“Uji kemampuan Samapta wajib diikuti oleh seluruh prajurit. Sebagai tolak ukur kemampuan fisik untuk menunjang kesiapsiagaan prajurit dalam melaksanakan tugas, selain juga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran Jasmani” ungkap orang nomor dua Kolinlamil dilapangan.

Disamping itu, uji kemampuan fisik merupakan salah satu syarat bagi seorang prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP). Oleh sebab itu pelaksanaan setiap tahapan uji kesegaran Jasmani secara maksimal dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Kegiatan Samapta ini rencananya akan berlangsung setiap hari sesuai dengan jadwal satker-satker yang telah diatur oleh pihak Binjas Disminpers Kolinlamil. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *