Headline

Review Ford Mustang GT 5.0 V8, Mobil Idaman Para Eksekutif Muda

×

Review Ford Mustang GT 5.0 V8, Mobil Idaman Para Eksekutif Muda

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Ada banyak alasan mengapa mobil Ford Mustang GT 5.0 V8 dianggap sebagai one of the most famous car of all-time, selain Volkswagen Beetle, Citroen 2CV, dan Porsche 911. Tampilannya yang gagah dan cool, serta tentu saja performanya yang luar biasa membuat eksekuti muda ‘menganga’.

Apalagi sejak 2016, setelah menunggu 5 dekade dan untuk pertama kalinya Ford akhirnya memproduksi Mustang dengan posisi kemudi di sebelah kanan.

Penggemar sportcar “biasa” mungkin butuh sedikit adaptasi dengan Ford Mustang. Selain bodinya yang bongsor, visibilitas yang terbilang tidak terlalu baik, membuat Anda butuh ekstra hati-hati saat mengemudikannya. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang padat dengan kendaraan.

Hal pertama yang akan dibahas adalah soal performa. Maklum, inilah yang menjadi nilai jual Ford Mustang. Di balik kap mesinnya yang terkesan berotot, ada mesin V8 berkapasitas 5.000 cc. Unit ini dapat meletupkan tenaga hingga 410 hp dengan torsi sejumlah 530 Nm yang diraih saat kitiran mesin mencapai 6.500 rpm.

Menurut klaimnya, Ford Mustang 5.0 bertransmisi otomatis ini dapat menuntaskan akselerasi statis dari 0-100 km/jam dalam tempo 4,8 detik saja. Seakan menegaskan kehebatan ‘Muscle Car’ di trek lurus, ia disebut-sebut dapat melaju hingga kecepatan maksimal 250 km/jam.

Dengan mesin sebuas ini dalam sebuah Ford Mustang, masihkah Anda peduli dengan konsumsi bahan bakarnya? Jika iya, secara teori menurut klaim pabrikan ia hanya dapat berjalan sejauh 7 km/liter dengan rute kombinasi.

Akankah konsumsi seboros itu mengurungkan niat Anda untuk memilikinya? Tahan dulu, karena karakter mesin naturally aspirated juga tetap terjaga, lontaran tenaga linear dan instan menjadi keasyikan tersendiri yang dimilikinya. Semakin menyenangkan dengan hadirnya fitur Electronic Line-Lock yang memungkinkan Anda dapat melakukan aksi burn-out untuk sekedar ‘show off’ dengan mudahnya.

Tinggal injak pedal rem kemudian diikuti dengan injakan pedal gas hingga penuh, seketika roda belakang akan berputar selama 15 detik lalu mobil akan meluncur dalam garis lurus yang terkontrol, semudah itu.

Kemudian ada satu hal lagi yang menjadi debut perdana bagi line up Ford Mustang di dunia. Alih-alih menggunakan suspensi rigid seperti Ford Mustang generasi sebelumnya, kali ini Ford membekali suspensi belakang independen yang membuat pengendaliannya jauh lebih baik, dan jperforma remnya diyakini membaik berkat penggunaan sistem kaliper lansiran Brembo.

Bobot kemudinya yang ringan akan memudahkan Anda untuk bermanuver saat harus melintasi kemacetan maupun ketika parkir. Sayangnya visibilitas masih menjadi isu utama apalagi menilik kap mesinnya yang panjang dan sulit diprediksi. Ada 4 mode berkendara yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, yaitu Normal, Sport Plus, Track, dan Snow/Wet.

Sejauh ini ubahan yang dilakukan oleh Ford untuk membuat muscle car yang lebih baik cukup berhasil. Resep jitu soal kaki-kaki baru dan mesin berkapasitas besar ala Amerika menjadi daya tarik tersendiri dari Mustang 5.0 V8 GT.

Ford Mustang 5.0 V8 GT dibanderol $35,355 atau setara Rp 502 jutaan, namun sayangnya harga tersebut hanya berlaku di Amerika. Sedangkan untuk pasar Indonesia harganya bisa mencapai miliaran rupiah. (Uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *