oleh

Bank Sampah Catur Ubung Lestari Terima Bantuan dari PT Pegadaian Denpasar

Bali, faktapers.id – PT Pegadaian Denpasar menyerahkan bantuan berupa dua unit sepeda motor Viar, 1 buah komputer, 1 unit alat timbangan duduk yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Departemen Gade Denpasar I I Ketut Suarnawa mewakili Kakanwil PT Pegadaian Denpasarar VII Nuril Islamiah kepada Bank Sampah Catur Ubung Lestari, Kamis (23/7).

Sebelumnya, bantuan serupa diberikan PT Pegadaian Denpasar kepada Bank Sampah Bedahulu Gianyar melalui Program The Gade “Clean & Gold”.

Di sela-sela acara, Ketua Bank Sampah Catur Ubung Lestari Made Sumantra mengatakan pengelolaan sampah di wilayah tersebut sudah dilakukan sejak 2014. Namun, saat itu belum maksimal.

“Dengan adanya bantuan fasilitas dari Pegadaian ini, kami berharap penanganan sampah bisa lebih meningkat dan masalah lingkungan khususnya sampah dapat teratasi. Bank Sampah ini juga bisa membantu pendapatan warga terutama di tengah kesulitan yang dihadapi saat ini,” ujar Sumantra saat soft opening dan penyerahan bantuan fasilitas oleh PT Pegadaian Denpasar kepada Bank Sampah Catur Ubung Lestari, Kamis (23/7).

Acara ini dihadiri Sekretaris Kecamatan IB Made Purwanasara, Lurah Ubung Kaja, I Wayan Ariyanta, dan dari PT Pegadaian yakni Kepala Departemen Gade Areal Denpasar I I Ketut Suarnawa serta undangan lainnya.

Dalam operasionalnya, Bank Sampah Catur Ubung Lestari dibantu oleh dua tenaga yang akan mengambil langsung sampah ke rumah-rumah warga.

Sampah yang sudah dipilah langsung dibeli dari warga dengan harga bervariasi tergantung jenisnya. Yang paling murah Rp 3 ribu/kg. Rata-rata sampah yang dibeli per hari bisa berkisar 100-150 kg.

Sampah yang dibeli Bank Sampah dari warga, kemudian dijual kembali ke pengepul. “Petugas kami yang jemput ke rumah-rumah sesuai jadwal. Selain ke rumah warga, pengambilan sampah juga ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Desa Ubung,” papar Sumantra seraya menambahkan bahwa,” hasil penjualan sampah warga ini sebagian disisihkan untuk Tabungan Emas Pegadaian,” katanya.

Sementara itu Kepala Departemen The Gade Areal Denpasar I I Ketut Suarnawa mengatakan bantuan kepada Bank Sampah tersebut merupakan Program The Gade ”Clean & Gold’. “Kita ada program bersih-bersih di antaranya bersih lingkungan,” jelas Suarnawa.

Menurut dia, melalui program ini selain bisa mengurangi dampak lingkungan juga sekaligus menambah pendapatan masyarakat.

Kata Suarnawa, Program The Gade ”Clean & Gold’ dilaksanakan di seluruh Pegadaian di Indonesia. Secara nasional ada 70, untuk Kanwil Pegadaian Denpasar yang meliputi Bali, NTB dan NTT ada 6.

“Yang di Bali sudah dua yakni Bank Sampah Bedahulu Gianyar dan Bank Sampah Catur Ubung Lestari Denpasar,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, pihak PT Pegadaian memaparkan program Tabungan Emas yang sangat prospektif bagi keluarga-keluarga yang mengikuti program ini untuk masa depan keluarga. Karena selain sangat menguntungkan, harga emas kian hari melambung tinggi. (Ans)

Komentar

News Feed