oleh

Bantu Korban Banjir, Dua Dinas Pemprov Kalbar Serahkan 18978.8 Kg Beras ke Pemkab Melawi

Melawi, faktapers.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan beras secara simbolis untuk warga terdampak bencana banjir di Kabupaten Melawi sebanyak 14 ton dari Dinas Pangan ditambah 4978.8 Kg dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (14/7).

Bantuan yang diserahkan Kepala Dinas Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar, Ir. Muhammad Munsif MM berdasarkan Surat Perintah Pengeluaran Beras Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  No: 501/DPPKH-B1 tanggal 13 Juli 2020.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Melawi Panji S. Sos di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Selain itu pula ada beberapa jenis bantuan dari Dinas Sosial Kalimantan Barat yang diserahkan oleh Yuline Marhaeni S.Sos.M.Si beras 4978.8 kg, 45 unit kasur, 60 paket makanan anak, 125 dus mie instan, roti isi 24 bks 19 dus, 50 unit velbed.

Saat penyerahan bantuan tersebut, M. Munsif menyatakan, beras sebanyak 14 ton merupakan bantuan untuk warga korban banjir. Adapun sumber bantuan ini berasal dari beras cadangan pangan Pemprov Kalbar.

Di mana daerah wajib memiliki cadangan pangan 20 persen dari total kebutuhan daerah. “Sasaran utama iyalah untuk warga yang terdampak banjir,” ujarnya.

Bantuan yang disalurkan adalah sebuah bentuk perhatian Gubernur Kalimantan Barat dan respons cepat dari Bupati Melawi yang mengajukan ke Pemprov paska banjir yang melanda warga di daerahnya.

“Dan ketika  Gubernur mendengar kondisi bencana banjir beberapa waktu yang lalu sampai saat ini. Sehingga Gubernur respek terhadap apa yang diajukan oleh Pemerintah Daerah terkhusus Kabupaten Melawi.Tentunya ini juga dikarenakan respons cepat dari Pemkab Melawi, khususnya Pak Bupati yang segera mengajukan kepada Pemprov,” kata Muhammad Munsif.

Sa’at menerima Bantuan di Pendopo rumah jabatan bupati melawi, Selasa (14/7). Bupati Melawi Panji S. Sos, menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Kalbar yang begitu Resfek terhadap bantuan yang diajukan terkait Bencana Banjir yang sedang dialami oleh Warganya lanjut Panji.

Sehingga atas nama Pemkab Melawi, ia merasa bersyukur dan berterimakasih atas perhatian dan bantuan Pemprov Kalbar pasca banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Melawi pada saat ini,  juga kepada unit teknis terkait.

“Semoga Tuhan Yang Kuasa membalas dengan banyak kebaikan dan pahala. Bagi warga yang mendapat bantuan, terus bersyukur atas bantuan walaupun tidak sepenuhnya dan tidak sebanding dengan apa yang dialami dari dampak bencana banjir,” ucap Bupati.

Di kesempatan itu, Panji meminta kepada Dinas terkait dan para camat agar mendata secara detail dan rinci terhadap warga yang terdampak bencana.

“Karena kita yakin tetap beda. Seperti di beberapa tempat ada yang rumahnya rusak, hanyut, dan lain lain. Sehingga hal tersebut penting buat kita sampaikan kepada pihak Pemprov walaupun dalam waktu dekat belum dapat bantuan tetapi paling tidak bisa secepatnya kita ajukan. Harapan kita banjir tidak berkelanjutan dan segera surut,” kata Bupati. (Skn/Abd)

Komentar

News Feed