oleh

Beri Bekal Mahasiswa Agar Mandiri, STITEK Balik Diwa Gelar Pelatihan Wirausaha

Makassar, faktapers.id – Semangat berwirausaha bagi mahasiswa terus ditumbuhkan guna mewujudkan mahasiswa yang unggul dalam segi akademik dan kemampuan berwirausaha.

Upaya tersebut ditunjukan Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar dengan menggelar Pelatihan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) tahun 2020 secara daring, untuk memberikan motivasi, wawasan, dan bekal berwirausaha secara mandiri pada Senin (29/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut mahasiswa dan alumuni peserta PPK serta beberapa dosen. Tak main-main, STITEK menggelar pelatihan ini selama 3 hari sejak Senin hingga Rabu, serta menghadirkan 8 pemateri dari berbagai bidang.

Adapun kedelapan pemateri tersebut di antaranya pelaku UMKM bidang Perikanan dan Kelautan, Dinas Kesehatan kota Makassar, Badan POM, juga Dinas Koperasi Kota Makassar.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Ketua STITEK Balik Diwa Makassar, Prof. Dr. H. Muh. Akmal Ibrahim, M.Si .

Dalam sambutan pembukaan, Ketua STITEK Balik Diwa berpesan agar mahasiswa selain harus tekun belajar juga memanfaatkan setiap peluang yang diberikan oleh Pemerintah, seperti program Pengembangan Kewirausahaan.

“Kegiatan ini sangat baik mahasiswa untuk melatih keterampilan menjadi seorang wirausahawan muda dan handal. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan serius,” tegas Prof Akmal.

Yusriani Kursia, A.md.,ST dan Dra. Nuraeni yang berkesempatan sebagai pemateri pada pelatihan di hari pertama ini merupakan pelaku UMKM Bidang Usaha Diversifikasi Pengolahan Pangan yang menggeluti usahanya dari nol.

Dalam pemaparan materinya, kedua pemateri banyak memotivasi serta mengulas materi tentang kiat dan strategi membangun wirausaha sosial serta menjadi pengusaha di usia muda yang sukses.

Buana Basir S.Pi.,M.Si sebagai Ketua Pelaksana PPK tersebut mengungkapkan bahwa banyak tahapan yang telah dilakukan untuk menyukseskan kegiatan ini, dimulai dari Sosialisasi Perekrutan, Verifikasi Berkas (Alumni atau Mahasiswa Aktif), Seleksi Interview (Wawancara), dan Pengumuman yang ditampilkan di website PPK STITEK, dan yang lolos seleksi sebanyak 20 orang.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, para peserta diarahkan untuk membuat Proposal Kelayakan Usaha, dan akan direvisi oleh tim PPK, lalu dilaksanakanlah Pelatihan ini.

“Jadi peserta kegiatan itu telah melewati seleksi yang panjang, semoga saja ke depannya kita akan punya mahasiswa/i unggul dan punya semangat berwirausaha,” ujar Buana.

Ia menuturkan tujuan yang ingin dicapai melalui Pelatihan ini yakni meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha sehingga outcome dari Program Pengembangan Kewirausahaan ini dapat diwujudkan.

Selain itu, kata Buana, untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa sehingga dapat melakukan wirausaha sesuai bidang keahliannya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberi inspirasi bagi mahasiwa di STITEK Balik Diwa Makassar untuk memanfaatkan peluang bisnis yang menjanjikan utamanya pada bidang Perikanan dan Kelautan dan yang sangat dibutuhkan pada kondisi sekarang ini yaitu pemasaran digital, dan membuat analisis kelayakan usaha,” ujarnya lagi. (Anchank)

Komentar

News Feed