oleh

Camat Sukasada Gaungkan New Normal Bangkitkan Semangat Masyarakat di Pasar

Singaraja, faktapers.id – Pulau Dewata yang dikenal masyarakat dunia disebut pulau seribu pura, mayoritas masyarakat merupakan beragama Hindu, selain itu dikenal daerah kunjungan wisata terbesar di Indonesia.

Untuk meningkatkan kunjungan, kendati pulau Bali beberapa negara menyatakan masyarakatnya sangat kuat dari serangan virus Corona belakangan ini, untuk itu Bali yang ditunjuk mulai menerapkan New Normal bahkan beberapa hari mulai digaungkan pemerintah daerah Bali maupun Kabupaten serta TNI-POLRI yang turut serta didalamnya.

Seperti kegiatan pemantauan dan edukasi di Pasar Desa Panji, Camat Sukasada, Buleleng, Made Dwi Adnyana bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan sudah melakukan yang kedua kali, setelah sebelumnya dilaksanakan pada Minggu (5/7). Hal ini untuk memastikan para pelaku pasar, pedagang dan pembeli serta pengelola pasar telah menjalankan Protokol Kesehatan, menyongsong pelaksanaan penerapan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru yang dicanangkan Kamis (9/7).

Dengan dicanangkan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru ini, Camat Sukasada Made Dwi Adnyana saat di Pasar Desa Panji bersama jajaran Polsek Sukasada mengatakan, “Kita harapkan semua untuk lebih meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dalam menjalankan Protokol kesehatan, sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pasar Tradisional/ Pasar Desa sebagai tempat masyarakat desa membeli kebutuhan sehari-hari harus mendapat perhatian yang lebih, tentunya dengan tanpa mengesampingkan sektor-sektor yang lainnya”.

Dari hasil pantauan di Pasar Desa Panji, baik pengunjung/ pembeli dan pedagang sudah taat untuk menggunakan masker.

“Walaupun masih ada yang perlu diedukasi tentang cara memakai masker yang benar. Contohnya memakai masker di bawah hidung, bahkan ada juga yang memakai masker di dagu. Mungkin mereka belum terbiasa dengan kebiasaan baru tersebut. Begitu juga tempat cuci tangan sudah disiapkan oleh pengelola pasar di bawah koordinasi Kelian Desa Adat dan Pemerintah Desa Panji. Setiap harinya ditugaskan pecalang untuk mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar.

“Nah, sehingga New Normal ini betul-betul dilakasanakan masyarakat akan tetapi mari kita lebih waspada akan virus ini, tetap masyarakat menjaga kesehatan sedini mungkin sehingga imum tubuh kita kuat kurangi ketegangan akan sesuatu hal yang kita hadapi,” jelas Camat Sukasada. des

Komentar

News Feed