oleh

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Rumah Warga di Desa Sayan Jaya, Siling Permai Nyaris Tertimbun Longsor

Melawi, faktapers.id – Sejumlah rumah warga di Kecamatan Sayan, Melawi diterjang banjir dan tanah longsor pada Kamis (9/7) sekira pukul 03.30 WIB.

Berikut data rumah warga yang terdampak banjir dan tanah longsor yang menerjang sekitar jalan provinsi tersebut.

1. Ida Rosita, Pr, 52 th, Islam, IRT, Dusun Muara Comat, Desa Sayan Jaya, Kec Sayan, Kerugian kediamannya rusak parah

2. Iin Supardi, Lk, 30 th, Islam, Wiraswasta, Dusun Landau Bukung, Desa Siling Permai, Kerugian materiil rumah rusak ringan

3. Udi Prayogo, 28 th, Petani, Islam, Dusun Munggu Tebedak, Desa Siling Permai, Kerugian materiil rumah rusak ringan

4. Jang Pudin, Lk, 43 th, Petani, Dusun Landau Siling, Desa Siling Permai, Kerugian materiil rumah rusak ringan

5. Askan, Lk, Petani, 40 th, Dusun Landau Bukung, Desa Siling Permai, Kerugian materiil rumah rusak ringan.

Adapun lokasi yang terjadi longsor terdapat di beberapa titik di sepanjang jalan provinsi di antaranya 9 titik di Desa Lingkar lndah, Nanga Sayan, dan Siling Permai, Kecamatan Sayan.

Selain itu, banjir yang menggenangi jalan provinsi di wilayah hukum Polsek Sayan ini mengakibatkan 7 titik jalur jalan tidak bisa dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Bahkan, ada beberapa perumahan warga di desa lain terendam banjir di antaranya Desa Meta Bersatu, Nanga Kasai, Mekar Pelita, Nanga Sayan, dan Sayan Jaya,” jelas Kapolsek Sayan, Iptu Oding Ardi.

Selain itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga sekitar rumah yang terendam diperkirakan sekitar 400 rumah.

Sehingga seluruh Koord bersama Uspik dan Kades serta pihak PT Palma dan masyarakat setempat memohon bantuan pihak perusahaan perkebunan sawit untuk meminjamkan alat berat seperti Llder untuk menggeser material yang menimbun rumah warga, yang saat ini giat masih berlangsung.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi melalui Kapolsek Sayan menghimbau pada warga untuk lebih waspada dengan situasi, mengingat curah hujan yang saat ini begitu tinggi. (Skn/Abd/Swd)

Komentar

News Feed