Rabu, Desember 1, 2021
BerandaIni Saran Kompolnas Soal Ruang Tahanan Overload Warga Binaan Disejumlah Polsek di...
Array

Ini Saran Kompolnas Soal Ruang Tahanan Overload Warga Binaan Disejumlah Polsek di Jakbar

Jakarta, faktapers.id – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyarankan agar kebijakan selektif dalam melakukan penahanan dapat tingkatkan pada saat kondisi pandemi Covid-19. Hal itu guna mencegah menularnya penyakit Corona.

Demikian disampaikan oleh Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada faktapers.id menyikapi overload tahanan di sejumlah Polsek Polres Jakarta Barat maupun di wilayah lainnya.

Sebagai contoh Poengky menyebutkan penahanan dilakukan untuk tersangka kasus-kasus berat, misalnya perkosaan, pembunuhan atau pembunuhan berencana. Dengan demikian physical distancing dapat diterapkan dengan baik.

Poengky juga menegaskan, sebetulnya ruang tahanan di Indonesia kebanyakan over capacity. Tidak hanya di ruang tahanan Kepolisian. “Oleh karena itu kebijakan yang dilakukan adalah dengan selektif melakukan penahanan,” tandasnya.

Untuk mencegah penularan Covid-19 di ruang tahanan Poengky membeberkan, Polri sudah menerapkan aturan-aturan baru, antara lain pemeriksaan kesehatan tahanan, menjaga kebersihan tahanan, penyemprotan disinfektan secara berkala, olah raga dan berjemur untuk tahanan, mengganti besuk dengan video call dan menerapkan physical distancing bagi tahanan.(hw)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments