Irkolinlamil Inspeksi Docking KRI Teluk Amboina 503

×

Irkolinlamil Inspeksi Docking KRI Teluk Amboina 503

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han) melaksanakan peninjauan ke KRI Teluk Amboina 503 yang tengah melaksanakan docking di Semarang, Selasa (14/7).

Untuk mewujudkan kesiapan alutsista Kolinlamil secara optimal, KRI Teluk Amboina 503 melaksanakan  docking.  Tujuan pemeliharaan maupun perbaikan yang dilaksanakan terhadap Kapal jenis LST ini, merupakan perbaikan rutin KRI dalam menunjang kesiapan tugas operasi.

Inspektur Kolinlamil mengatakan bahwa pengawasan terhadap docking KRI Teluk Amboina 503 di Semarang ini merupakan bagian tugas Inspektorat Kolinlamil sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang berperan sebagai konsultan, fasilitator dan earlywarningsystem (sistem peringatan dini).

“Peran Inspektorat Kolinlamil diharapkan dapat menjamin agar penyelenggaraan Kolinlamil dilaksanakan secara tertib, efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan juga mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik bersih dan bebas dari penyimpangan dan penyalahgunaan kekuasaan serta praktik praktik korupsi kolusi dan nepotisme. Karena itu perlu dilakukan peningkatan kapabilitas APIP untuk menjamin terlaksananya pengendalian intern yang efektif,” jelas Irkolinlamil.

Lebih lanjut dikatakan Irkolinlamil, kegiatan peninjauan  ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana perkembangan pekerjaan docking KRI Teluk Amboina  yang saat ini memasuki tahap pengerjaan.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. menjelaskan bahwa pelaksanaan docking ini merupakan kegiatan perawatan secara rutin dan berkala terhadap KRI sebagai salah satu sarana menjaga kesiapan KRI dalam mendukung dan melaksanakan tugas operasi selanjutnya.

Dalam pelaksanaan docking tersebut, rencananya akan berlangsung selama sebulan ini merupakan pelaksanaan docking rutin, sebelum turun dock dilaksanakan pengecekkan terhadap semua bagian-bagian perbaikan dan cek kebocoran serta pelaksanaan Sea Trial setelah kapal turun Dock. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *