Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaMahfud MD Ajukan Pudji Hartanto Karaeng Ruppa Jadi Calon Anggota Kompolnas
Array

Mahfud MD Ajukan Pudji Hartanto Karaeng Ruppa Jadi Calon Anggota Kompolnas

Jakarta, faktapers.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD serahkan 12 nama calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo. Dari jumlah itu, terdapat satu nama yang tak asing di insan Polri.

Sosok tersebut adalah Irjen Pol Purn Pudji Hartanto Iskandar. Lulusan Akademi Kepolisian Batalyon Diviacita tahun 1983 dan berpengalaman pada bidang lalu lintas.

Ia resmi pensiun dari Kepolisian sejak ditunjuk oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk posisi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan periode 2016-2017.

Sepanjang karirnya, Pudji Hartanto tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Salah satunya sebagai Ajudan Wakil Presiden RI Hamzah Haz.

Ia juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Banten, Kapolda Kepri, Sahlijemen Kapolri, Kakorlantas Polri, Gubernur Akpol dan terakhir sebagai Kapolda Sulselbar dan sempat dianugerahi gelar kebesaran adat “I Mapparewa Karaeng Ruppa” yang secara harfiah berarti selalu mengimbangi atau memiliki sifat adil dalam mengambil keputusan.

Secara Maknawi berarti sosok manusia yang cerdas serta mempunyai derajat tinggi dalam masyarakat karena sikapnya yang adil dalam mengambil keputusan.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut 12 nama calon anggota Kompolnas yang diserahkan ke Presiden Jokowi adalah nama-nama yang lolos lima jenis seleksi.

“Yakni administrasi, tertulis, assesment, kesehatan, wawancara, sehingga nanti diharapkan bisa membantu Presiden melalui Menko Polhukam untuk mempercepat dan memperbaiki lagi kinerja kepolisian,” kata Mahfud, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (17/7) lalu, seperti dikutip dalam siaran persnya. (Anchank)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments