oleh

Penurunan Suku Bunga Bank, Pulihkan Ekonomi Lebih Cepat Akibat Covid-19

Jakarta, faktapers.id – Dengan diturunkannya suku bunga bank hingga satu persen oleh pemerintah, berarti memulihkan perekonomian akibat Covid-19 lebih cepat.

Hal ini ditegaskan, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Stimulus tersebut menurutnya juga membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Bila pemerintah mau mengambil sikap seperti itu, saya yakin pemulihan ekonomi tidak akan sampai tiga tahun seperti yang diprediksikan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (7/7).

Ungkap Fadel, saat ini hampir semua pengusaha dalam keadaan yang sulit dan tidak likuid. Tanpa adaya keberanian dari pemerintah memberi subsidi, maka perekonomian tidak likuid.

Ia memperkirakan, pemerintah perlu dana Rp 200 triliun untuk menyuntik bunga bank. Namun, perekonomian nasional akan segera pulih dalam waktu singkat.

Eks Ketua Komisi Bidang Keuangan DPR RI itu pun menuturkan tentang upayanya menurunkan bunga bank dari 22 persen menjadi 11 persen. Dengan penurunan itu, perekonomian bisa lebih cepat bergeliat.

fadel menuturkan, saat itu pemerintah tidak berani mengeluarkan subsidi untuk bunga bank sebab selama ini yang ada adalah subsidi listrik, subsidi BBM, dan subsidi lainnya.

“Namun setelah melalui proses akhirnya turun juga subsidi bunga bank sebesar Rp16, 8 triliun. Saat ini bunga bank disebut tinggal sebesar 7 persen,” urainya. (OSS)

Komentar

News Feed