Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaTurki Gelar Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun, Pemimpin...
Array

Turki Gelar Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun, Pemimpin Dunia Diundang

Jakarta, faktapers.id – Turki mengundang para pemimpin dunia untuk berdoa ketika salat Jumat pertama akan diadakan di Hagia Sophia hari ini, Jumat (24/7). Ini merupakan kali pertama salat digelar setelah 86 tahun lalu.

Dilansir faktapers.id dari Al Arabiy, Kamis (23/7), Paus Fransiskus menjadi salah satu dari sejumlah pemimpin dunia yang diundang oleh Turki ke acara tersebut.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Ibrahim Kalin, Paus Fransiskus diundang untuk menghadiri upacara bersejarah bersama 1.000 hingga 1.500 orang.

Pelaksanaan salat akan dilakukan sesuai protokol kesehatan virus corona (Covid-19) seperti masker, hand sanitizer, dan sajadah akan dibagikan kepada mereka yang datang untuk salat.

Untuk diketahui, Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai gereja katedral oleh Kerajaan Bizantium Kristen.

Kemudian diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Istanbul pada tahun 1453 tetapi menjadi museum sebagai bagian dari upaya sekularisasi yang dipimpin oleh Mustafa Kamal Ataturk, pendiri Republik Turki modern.

Hagia Sophia juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Turki dan mejadi salah satu situs warisan dunia. (Uaa)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments