Headline

Ketua TP PKK Bali dalam Webinar HATINYA PKK: ‘Bali Bangkit Indonesia Maju’

×

Ketua TP PKK Bali dalam Webinar HATINYA PKK: ‘Bali Bangkit Indonesia Maju’

Sebarkan artikel ini

Denpasar – Bali, Faktapers.id  – TP PKK Provinsi Bali menggelar seminar daring (webinar) Gerakan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK).

Webinar yang dilaksanakan Selasa (18/8/2020) mengusung tema ‘Melalui Gerakan HATINYA PKK, Bali Bangkit Indonesia Maju’ dan diikuti TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota hingga kecamatan se-Bali melalui aplikasi zoom. Webinar menghadirkan narasumber DR Eng Ir I Wayan Kastawan ST, seorang ahli arsitektur dan pertamanan.

Dalam arahan singkatnya, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster menyampaikan bahwa legiatan seminar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini perlu diintensifkan di masa pandemi. Selain lebih efektif dan efisien, seminar daring memungkinkan diiikuti oleh banyak peserta. Dibandingkan dengan seminar langsung yang mangharuskan para peserta jauh-jauh datang ke lokasi seminar, dalam seminar daring para peserta dapat mengikuti dari kediaman masing-masing sambil bersantai.

“Ke depan, TP PKK Bali akan lebih sering menggelar seminar daring untuk mendorong percepatan pelaksanaan program yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Ny Putri Koster memaparkan  ‘HATINYA PKK’ merupakan salah satu gerakan yang diintensifkan sejak setahun lalu. Saat itu, TP PKK Provinsi Bali yang dipimpin langsung oleh Ny Putri Koster turun ke-57 kecamatan di seluruh Bali. TP PKK Bali menjadikan satu desa di setiap kecamatan menjadi contoh gerakan HATINYA PKK.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengharmoniskan pandangan dan tindakan terkait maksud dan tujuan dari gerakan HATINYA PKK.

TP PKK Kabupaten/Kota diharapkan bisa menggerakkan masyarakat untuk menciptakan halaman rumah yang asri, teratur, indah dan nyaman plus bermanfaat. Gerakan HATINYA PKK jangan hanya berhenti pada contoh, tapi harus berimbas pada seluruh rumah. TP PKK hendaknya bisa memberi ide kreatif dan inovatif agar masyarakat bisa menata halaman rumah mereka.

Ny Putri Koster menyampaikan, walaupun dalam perjalanannya dihadang pandemi, pihaknya merasa bersyukur dan beruntung karena HATINYA PKK yang merupakan program turunan PKK Pusat hingga daerah belakangan semakin bergairah. Bahkan, di masa pandemi gerakan ini sangat dirasakan manfaatnya dan sangat memungkinkan diaplikasikan di tiap pekarangan rumah. Banyak keluarga yang mengisi waktu di masa pandemi dengan menanami halaman rumah mereka dengan tanaman yang bermanfaat.

Yang perlu diingat, HATINYA PKK tak semata bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, namun juga akan berdampak keasrian lingkungan rumah. Pekarangan rumah yang tertata dengan apik dan asri akan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kegiatan menanam di areal pekarangan rumah jangan hanya asal tanam tanpa mengindahkan faktor keindahan. Selain bermanfaat, pola menanamnya pun harus diatur agar menjadi taman yang asri dan indah dipandang mata. Jangan seluruh halaman ditamani satu jenis tanaman, misalnya hanya cabai atau terong saja. Tanami halaman dengan berbagai jenis tumbuhan bermanfaat dan ditata dalam bentuk taman.

Untuk itu, dalam webinar kali ini, TP PKK Provinsi Bali menghadirkan DR Eng Ir I Wayan Kastawan ST sebagai narasumber. Kastawan yang merupakan Dosen Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Unud ini merupakan ahli di bidang pertamanan diharapkan dapat memberi pemahaman kepada kader PKK bagaimana menata taman yang baik. Para peserta seminar diharapkan menyimak paparan dari narasumber, untuk selanjutnya menerapkan di lingkungan masing-masing.

Pada bagian lain, Ny Putri Koster juga menyinggung Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) yang menjadi program TP PKK Pusat. Ia mangajak seluruh tim penggerak PKK mulai dari tingkat provinsi hingga desa menyukseskan program ini. Oleh sebab itu, seluruh kader PKK diingatkan agar membawa masker cadangan minimal 5 buah di tas masing-masing ketika bepergian. Ketika menjumpai masyarakat yang tak mengenakan masker di ruang publik, masker itu bisa diberikan kepada mereka. Kader PKK juga diminta menjadi contoh dalam gerakan penggunaan masker. Masker tak boleh lepas ketika beraktivitas di areal publik dan berbicara dengan orang. TP PKK Provinsi saat ini masih ada stok 13 ribu masker dan nanti akan didistribusikan bagi masing-masing 1.000 buah untuk setiap kabupaten/kota.

Dalam menyukseskan program yang sedang berjalan, TP PKK Kabupaten/Kota hingga desa diharapkan membangun sinergi yang harmonis dan tidak berjalan sendiri-sendiri, sehingga keseluruhan program dapat terwujud untuk mendukung suksesnya Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Selanjutnya, Kastawan dalam paparannya menjelaskan bahwa gerakan HATINYA PKK sejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Dalam memilih jenis tanaman yang akan ditanam di halaman rumah, ia mengingatkan agar krama Bali kembali pada nilai-nilai kearifan lokal. Selain jenis tanaman pangan dan obat-obatan, HATINYA PKK juga bisa diisi dengan tanaman yang bermanfaat untuk sarana upakara. Khusus untuk tanaman jenis obat, Kastawan menyebut para leluhur telah mewariskan jenis tanaman yang bermanfaat seperti daun kelor yang belakangan banyak dikaitkan dengan peningkatan imunitas untuk mencegah penularan Covid-19.

Guna menyukseskan gerakan HATINYA PKK, Kastawan menawarkan beberapa model taman untuk lahan sempit, sedang dan luas. Menurutnya, model ini bisa menjadi rujukan dalam pemanfatan halaman rumah. Jadi tidak ada alasan program ini tidak bisa dilaksanakan karena dalih halaman rumah sempit. Kegiatan webinar juga diisi dengan tanya jawab dan pemaparan tentang pengolahan sampah berbasis rumah tangga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali Made Teja. */Ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *