oleh

Mantap..! MTs N 1 Klaten Sabet Juara Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi Jateng

Klaten, faktapers.id – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Klaten memenangi lomba “Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Tengah 2020”, yang diumumkan di Balai Bahasa Jawa Tengah, Jalan Elang Raya 1 Mangunharjo, Tembalang, Semarang, pada 21 Juli lalu.

Ketika dimintai konfirmasi, Kepala MTs Negeri 1 Klaten, Nurul Qomariah, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, selain mendapat penghargaan sekolahnya juga menerima dana pembinaan.

“Dari lima sekolah terbaik yang diumumkan, kami mendapat peringkat ke empat, MTs Negeri 1 Klaten satu-satunya sekolah dibawah Kementrian Agama yang mewakili ke tingkat nasional,” kata dia, Rabu (5/8).

Menurut Nurul, pihak sekolah selalu mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik. Di antaranya papan petunjuk arah, papan pemberitahuan ruangan, hingga papan nama sekolah.

“Informasi pada papan sekolah ditempat kami tertulis dengan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan secara baik dan benar,” ujarnya.

Ia menambahkan, sekolahnya berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah setelah lolos seleksi bersama SMP Negeri dan MTs Negeri terbaik di tingkat provinsi oleh Dewan Juri.

“Kategori pemenang dipilih berdasarkan kaidah kebahasaan, fisik kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, serta hasil verifikasi faktual penggunaan bahasa negara di ruang publik sekolah,” terang dia.

Nurul menyebut, Lima sekolah terbaik yang mendapat penghargaan antara lain, SMP Negeri 1 Cilacap, SMP Negeri 1 Purwokerto, SMP Negeri 2 Mojosari (Jawa Timur), SMP Negeri 6 Salatiga, MTs Negeri 1 Klaten, dan SMP Negeri 13 Magelang.

“Sejujurnya kami tak menyangka bisa mendapat penghargaan tersebut. Namun, hal ini akan menjadi pemacu semangat untuk terus melestarikan penggunaan bahasa Indonesia di sekolah,” pungkasnya. (Madi)

Komentar

News Feed