Headline

Ny. Putri Koster Resmikan Rumah Percontohan Taman HATInya PKK dan Rumah Kreatif, serta pengukuhan ‘Sekee Manyi

×

Ny. Putri Koster Resmikan Rumah Percontohan Taman HATInya PKK dan Rumah Kreatif, serta pengukuhan ‘Sekee Manyi

Sebarkan artikel ini

Gianyar – Bali, Faktapers.id – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster meresmikan Rumah Percontohan Taman HATINya PKK dan Rumah Kreatif serta Pengukuhan ‘Sekee Manyi’, di Kawasan Museum Subak Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Jumat (21/8).

Mengawali arahannya, Ny Putri Koster menyampaikan apresiasi serta memberi penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras, inovasi serta kreativitas dari TP PKK Kabupaten Gianyar beserta jajaran dalam upaya mewujudkan Rumah Percontohan Taman HATInya PKK dan Rumah Kreatif.

Keberadaan PKK di tengah masyarakat memegang peran yang penting untuk menggerakkan masyarakat. Untuk itu, diperlukan sinergitas baik dalam bentuk komunikasi, konsultasi dan termasuk di dalamnya dukungan penganggaran yang memadai dari TP PKK Provinsi Bali kepada TP PKK kabupaten/kota yang nantinya akan menyalurkan dana tersebut secara berjenjang hingga ke tingkat desa. Namun bukan berarti PKK hanya bergerak ketika ada anggaran, banyak hal yang bisa dilakukan tanpa anggaran. Kendati demikian, tentu kegiatan PKK akan menjadi lebih menggeliat jika didukung anggaran yang cukup, serta adanya koordinasi yang berjalan baik, ucapnya.

Untuk itu ke depannya, Ny Putri Koster yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyatakan akan terus berupaya menaikkan anggaran PKK dari provinsi ke kabupaten/kota, sehingga PKK di kabupaten/kota akan semakin bergeliat dengan program-program kerjanya dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sampai ke tingkat rumah tangga.

Bunda Putri juga meminta agar gerakan HATInya PKK terus digelorakan sehingga semua halaman rumah masyarakat dimanfaatkan dengan menanam pangan dan tanaman produktif seperti sayur mayur dan bumbu dapur, minimal untuk memenuhi keperluan keluarga. Dengan demikian halaman rumah tidak hanya akan tertata asri, teratur, indah dan nyaman, tetapi juga bermanfaat untuk kebutuhan dapur.

Ke depannya, Bunda Putri meminta agar Taman HATInya PKK dan Rumah Kreatif di Kabupaten Gianyar ini bisa dijadikan contoh bagi TP PKK kabupaten/kota lainnya untuk diimplementasikan di daerah masing-masing. Dengan demikian nantinya seluruh halaman rumah di seluruh Bali dapat tertata dan sektor kerajinan juga bergerak maju.
Sementara itu, Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas dukungan penuh dari TP PKK Provinsi Bali kepada TP PKK Kabupaten Gianyar, baik dari segi koordinasi dan juga penganggaran sehingga PKK bergerak terus dengan kreativitas dan inovasinya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Gianyar berharap agar keberadaan tempat percontohan Taman HATINya PKK dan Rumah Kreatif yang berlokasi di areal Museum Subak ini selain bisa menjadi tempat edukasi juga bisa dikembangkan sebagai tempat kawasan wisata. Dengan demikian ekonomi masyarakat sekitar juga akan bergeliat.

Peresmian Taman HATInya PKK dan Rumah Kreatif serta pengukuhan Sekee Manyi pada pagi hari ini ditandai dengan pemukulan kulkul serta pemotongan padi oleh Ny Putri Koster beserta para undangan lainnya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra beserta Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar dan jajarannya juga diisi dengan peninjaun lokasi hidroponik, Umah Bali, Taman HATInya PKK serta Penggak Kreatif.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan alat tanam padi dan alat panen oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali kepada Subak Masceti. */Ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *