Headline

Pangdam IX/Udayana Serahkan Penghargaan Kepada 28 Pendonor Plasma Konvalesen

×

Pangdam IX/Udayana Serahkan Penghargaan Kepada 28 Pendonor Plasma Konvalesen

Sebarkan artikel ini

Denpasar-Bali, Faktapers.id – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara memberikan perhatian serius terhadap personel jajarannya yang telah secara sukarela menjadi pendonor plasma konvalesen.

Wujud perhatian pucuk Pimpinan Kodam IX/Udayana tersebut diwujudkan dalam sebuah acara penyerahan penghargaan terhadap 28 orang personel militer maupun PNS yang baru saja menjadi pendonor plasma konvalesen, Rabu (12/08/2020) bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Dalam acara tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengapresiasi niat dan ketulusan hati para pendonor plasma konvalesen dalam rangka membantu mempercepat penanganan COVID-19 di Provinsi Bali.

“Penghargaan ini tidak sebanding dengan ketulusan dan niat baik para pendonor dan berharap kegiatan donor plasma konvalesen dapat menginspirasi segenap stake holder yang ada di Bali untuk tergerak hatinya melakukan hal serupa”, jelas Pangdam.

Setelah kemarin (11/08) para pendonor sejumlah 28 orang anggota Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan donor darah plasma konvalesen, maka pada hari ini (12/08) Kodam IX/Udayana memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada anggota Kodam IX/Udayana yang telah memberikan donornya.

“Mereka saya anggap sebagai Veteran Perang melawan COVID-19 karena mereka sudah berhasil sembuh melawan COVID-19. Harapan saya kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Provinsi Bali, mari kita sama-sama mendukung pemerintah khususnya kepada Bapak Gubernur Bali untuk bisa melakukan berbagai upaya bagaimana meningkatkan kesembuhan, bagaimana menekan terjadinya kasus meninggal karena COVID-19. Salah satu cara adalah dengan memberikan donor plasma konvalesen. Oleh karena itu bagi masyarakat yang sudah pernah terpapar, COVID-19 dan saat ini sudah sembuh, saya himbau untuk mau dan berkenan secara suka rela memberikan donor darahnya atau plasmanya”, harap Pangdam.

Terkait yang terpapar COVID-19 di Kodam IX/Udayana khususnya wilayah Bali, Pangdam menjelaskan sudah ada sebanyak 51 orang dan yang sudah sembuh sebanyak 46 orang, dimana setelah diperiksa dan memenuhi syarat untuk memberikan donor darahnya untuk tahap sekarang ini sebanyak 28 orang.

“Atas nama pribadi, atas nama Pangdam IX/Udayana dan atas nama Kasad menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Prajurit dan PNS yang dengan sukarela mendonorkan darahnya”, tambah Pangdam.

Upaya untuk mencegah COVID-19 kembali kepada kesadaran masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden bahwa perekonomian harus terus melaju sementara COVID-19 harus terus ditekan. Selain itu, sesuai Inpres juga menekankan kepada kita terutama TNI-Polri untuk dapat merubah perilaku masyarakat apa yang disebut sebagai adaptasi kehidupan baru dan yang kedua bagaimana menekan kasus-kasus baru positif COVID-19, kedua tugas ini disebut pendisiplinan masyarakat dalam tatanan kehidupan baru.

Selanjutnya Kadiskes Pemprov Bali dr I Ketut Suarjaya, MPPM yang mewakili Sekda Provinsi Bali menyampaikan tentang data COVID-19 di Bali yang masih terus perlu penanganan, salah satunya melalui terapi plasma konvalesen yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Juga disinggung tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Bali sangat signifikan.

Pemerintah Provinsi Bali mengapresiasi semua pihak dalam mendukung pelaksanaan donor plasma konvalesen, mulai dari PMI Bali, RS PTN Unud, RSUP Sanglah, Kodam IX/Udayana yang sudah melibatkan 28 personelnya sebagai pendonor dalam pelaksanaan donor plasma konvalesen tersebut.

Sementara dalam rangkaian kegiatan tersebut Pangdam IX/Udayana menyerahkan piagam penghargaan kepada Kadiskes Pemprov Bali selaku Keynote Speaker saat kegiatan Webiner yang diselenggarakan Kodam IX/Udayana beberapa Hari Senin (10/08) lalu. Pemberian penghargaan yaitu berupa piagam dan tali asih juga dilakukan secara simbolis kepada tiga perwakilan pendonor yang diterimakan antara lain kepadaPeltu I Wayan Suamba, Praka Komang Roy Marganda dan PNS Luh Putu Prastika Utami.

Ketiga penerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana seraya berharap kontribusi donor plasma yang dilakukan dapat bermanfaat bagi para pasien positif COVID-19 yang saat ini masih dalam perawatan. Semoga kontribusi kami bermanfaat dan kita berdoa semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu.(*/ans).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *