oleh

Ruang Sedekah di Warung 69 ‘Bang Oji’, Ajang Berbagi untuk Sesama

Jakarta, faktapers.id – Tak sekadar berbisnis, warung 69 milik Bang ‘Oji’ dikawasan RT 001/07, Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan ini juga memiliki agenda lain. Namanya “Ruang Sedekah”. ‘Ruang Sedekah’ wadah berbagi untuk sesama yang menyediakan bahan makanan yang boleh diambil secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

‘Ruang Sedekah’ merupakan kegiatan aksi sosial dari sebuah komunitas yang mengadakan kegiatan berbagi keberkahan rejeki dalam bentuk pemberian bahan makanan. Mulai dari paket nasi bungkus, sembako beras, kue-kue, makanan ringan, mie instan, roti, minyak goreng, sayur mayur, sarden, bumbu masak dan sebagainya. Kegiatan ‘Ruang sedekah’ ini rutin digelar setiap hari. Bahan makanan tersebut memang disediakan dan boleh diambil untuk masyarakat dan warga mana pun yang membutuhkan.

“Siapa Butuh Boleh Ambil Secukupnya”, Siapa Berlebih Boleh Isi Semampunya”, demikian motto dan alur gerai ‘Ruang Sedekah’ ini.

“Alhamdulillah, tanggapan dari warga RW 07 Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan ini baik semua. Sehingga ketika mereka melihat lapak ini hampir kosong maka mereka yang kelebihan rejeki dan ingin berbagi segera mengisi kembali lapak ini,” papar Koordinator Area, Marwazie kepada faktapers.id di gerai ‘Ruang Sedekah’ RT 001/07, Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Sabtu (8/8/2020).

Koordinator Area, ‘Ruang Sedekah’, Marwazie mengatakan, ‘Ruang Sedekah’ merupakan tempat atau wadah berbagi keberkahan rejeki yang disalurkan dengan bersedekah yang fokusnya pada bahan makanan dari para donatur. Bahan atau makanan itu disediakan dan boleh diambil untuk warga masyarakat, pengendara lalu lintas, pemulung atau pedagang yang kebetulan melintas dan membutuhkan.

Marwazie, pria asli Betawi yang akrab dipanggil ‘Bang Oji’ ini mengatakan, ‘Ruang Sedekah’ ini akan berjalan hingga hayat masih dikandung badan. ‘Ruang Sedekah’ tersebut akan Dia laksanakan hingga ajal menjemputnya. “Insyaa Allah, ‘Ruang Sedekah’ ini akan ada terus sampai mati,” tambahnya.

‘Ruang Sedekah’ yang dijalani Bang Oji ini berawal ketika ia bertandang ke kediaman sahabatnya awal Juli 2020 lalu. Kala itu, kisah Oji, ia melihat ada gerai ‘Ruang Sedekah’ ditempat itu. Hati kecilnya langsung tergerak untuk mewujudkan ‘Ruang Sedekah’ di lokasi Warung 69 sekaligus kediaman orang tua Oji. Gayung bersambut, setelah bertanya-tanya, sahabatnya pun langsung merespon baik dan memberikan Banner sebagai tanda adanya ‘Ruang Sedekah’ dilokasi tersebut. Tak lama berselang, ‘Ruang Sedekah’ di area Bang Oji pun terwujud hingga kini.

Oji pun tak lupa mengucapkan terima kasih bagi para donatur yang ikut berpartisipasi mengisi gerai ‘Ruang Sedekah’ di areanya. Bahkan Oji juga berharap agar warga dan para donatur tidak bosan memberikan sumbangsih dan kelebihan rejekinya untuk diteruskan bagi sesama yang membutuhkan. “Mari kita berlomba-lomba di dalam kebaikan,” imbuhnya.

‘Ruang Sedekah’, wadah yang menjadi ajang berbagi ini sangat terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin membuka gerai ‘Ruang Sedekah’ di kawasan masing-masing. Bagi masyarakat yang ingin berdonasi atau memerlukan info mengenai ‘Ruang Sedekah’ bisa menghubungi Info dan Donasi di nomor 0817 765 833 (Ikhwan) dan 0822 2309 0000 (Akhwat) atau Koordinator Area, ‘Ruang Sedekah’ Bang Oji di nomor telepon 0896 3813 4690. Herry

Komentar

News Feed