oleh

Sillaturahim Puak Melayu Melawi. Ketua MABM Sampaikan Maklumat

Melawi,Faktapers Id – Majelis Adat Budaya Melayu ( MABM ) Kabupaten Melawi menggelar acara Sillaturahim Puak Melayu dengan tema ” Melayu Bersatu Menjunjung Tuah Menjaga Marwah “. Rabu (31/7/20). di Pendopo Rumjab Wakil Ketua I DPRD Melawi.

Ketua MABM Melawi Drs. H.M. zubir Saidy mengatakan sillaturahim ini dilaksanakan guna menyatukan visi dan tekad memajukan Puak Melayu.

Sillaturahim Puak Melayu dengan tema ” Melayu Bersatu Menjunjung Tuah Menjaga Marwah “. Rabu (31/7/20). di Pendopo Rumjab Wakil Ketua I DPRD Melawi.

” Kami katakan bahwa Melayu tidak akan hilang ditelan zaman, kami hanya ingin mengajak saudara-saudara Melayu bersatu menjunjung tuah dan menjaga marwah, artinya kita harus mampu bersatu, jangan sampai kita kehilangan identitas, jangan ada pengkotak-kotakan, terjadi jurang pemisah sesama organisasi melayu, ” terang Zubir Saidy.

Dikesempatan tersebut Ketua MABM juga membacakan Maklumat Majelis Adat Budaya Melayu, untuk diketahui dan diikuti oleh seluruh Puak Melayu Kabupaten Melawi, mengenai pentingnya Ukhuwah dan Persatuan Puak Melayu Kabupaten Melawi menjelang pemilihan kepala daerah.

” Majelis Adat Budaya Melayu menghimbau dan mengajak seluruh Puak Melayu untuk, 1. Menjaga kerukunan antar suku, agama, ras dan antar golongan, 2. Menghindari perselisihan yang berpotensi menimbulkan konflik horizontal, 3. Turut serta berperan aktif dalam mewujudkan pemilukada yang demokratis, jujur dan adil, 4. Gunakanlah hak pilih kita dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, 5. Menjunjung tuah dan menjaga marwah puak melayu, dalam hal memilih pemimpin, 6. Pilihlah pemimpin yang mampu membawa melawi lebih baik dan lebih maju lagi, tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan, ” seperti dibacakannya.

Sebelum mengakhiri pidatonya Ketua MABM menyampaikan bahwa MABM Kabupaten Melawi memberikan dukungan sepenuhnya kepada H. Dadi Sunarya Usfa Yursa maju sebagai calon Bupati Melawi berpasangan dengan Drs. Kluisen sebagi calon Wakil Bupati Melawi.

H. Dadi Sunarya Usfa Yursa selaku Dewan Pembina MABM Kabupaten Melawi dalam sambutanya mengajakmasyarakat Melawi untuk bersatu dalam persaudaraan dan bersatu dalam keberagaman.

” Insya Allah, jika Allah meridhoi dan masyarakat melawi memberi kepercayaan kepada saya menjadi Bupati Melawi, saya akan berkomitmen untuk membesarkan dan menjaga marwah puak melayu dan ormas-ormas islam serta suku budaya muslim dan adat budaya suku, agama dan golongan lainnya di Melawi khususnya. Mari kita bersatu dalam persaudaraan dan bersatu dalam keberagaman, ” ungkap Dadi.

H. Dadi juga berharap sillaturahim ini akan menambah semangat dan persatuan untuk memperjuangkan Adat Budaya Melayu di Kabupaten Melawi

Hendegi Januardi Usfa Yursa Wakil Ketua I DPRD Melawi selaku tuan rumah pelaksana mengatakan kepada awak media. Melayu ke depan harus bersatu dengan menjaga marwah puak melayu.

” Dengan menjaga marwah puak melayu merupakan salah satu cara untuk menghidupkan adat istiadat budaya melayu agar masyarakat beradat dan berakhlak mulia. Hal ini penting kita upayakan untuk menyatukan puak melayu. Artinya kita harus bersatu dan kuat, ” sebut Hendegi.Abd/Skn

Komentar

News Feed