oleh

Untuk Menjaga Ketahanan Pangan, Kelurahan Bintaro Manfaatkan Lahan 8 Ribu Meter

Jakarta, faktapers.id – Untuk menjaga ketahanan pangan di wilayahnya, Kelurahan Bintaro Manfaatkan Lahan 8 Ribu Meter lahan kosong.

Lahan seluas 8 ribu meter di RW 15 Kelurahan Bintaro itu banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar. Lahan tidur tersebut dimanfaatkan untuk menanam segala jenis pangan, mulai dari padi hingga cabai. Terbukti selama beberapa tahun kebelakang warga sekitar lahan sering menerima pangan tanpa harus membeli ke pasar.

Lurah Bintaro Satia menjelaskan, buah dari keberhasilan itu adalah perhatian dari pemerintah kota Jakarta Selatan. Kunjungan Isnawa Adji selaku Wakil Wali Kota Jakarta Selatan membuat jajarannya makin bersemangat agar terus menjaga program Ketahanan Pangan.

“Sudah beberapa tahun ini kami memanfaatkan lahan fasos fasum milik Pemda di perumahan Bukit Mas RW 15 Kelurahan Bintaro. Luasnya sekitar 8 ribu meter, itu kan lahan kosong dan dimanfaatkan untuk penanaman pohon produktif. Seperti kangkung, bayam, jagung, cabe, singkong, kacang, “jelas Satia, Selasa (4/8/2020).

Lebih lanjut Satia menuturkan, salah satu tujuan pemanfaatan lahan agar tidak terbengkalai dan menjadi sarang ular. Terlebih hasil panen raya diperuntukkan ke masyarakat sekitar.

“Untuk tanamam yang sudah berjalan itu tadi, pernah juga ditanam padi dan tanahnya masih bagus,” tambahnya.

Menurut Satia, program tersebut tidak bisa berjalan tanpa adanya peran petugas seperti PPSU yang senantiasa menjaga dan merawat lahan.

“PPSU juga ikut di budidayakan untuk ketahanan pangan. Di luar kedinasannya mengelola lahan itu,” pungkasnya. Herry

Komentar

News Feed