Headline

Anggota MPR RI, Ajiep Padindang Kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

×

Anggota MPR RI, Ajiep Padindang Kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Sebarkan artikel ini

 

Maros, Fakpers.id- Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM, kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan segmen Tokoh Masyarakat Kab. Maros Sulawesi Selatan.

Materi sosialisasi yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi Empat Pilar ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Mallawa Kab. Maros 11 September 2020. Sosialisasi ini juga dihadiri Camat dan Aparat Desa se Kecamatan Mallawa.

Sosialisasi diikuti 150 orang peserta dengan dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19. Sosialisasi dilaksanakan dua tahap untuk menghindari kerumunaan massa dalam jumlah besar.

Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., dalam pengantarnya sebelum membuka acara Sosialisasi secara resmi menyampaikan bahwa MPR RI terus mencari model sosialisasi Empat Pilar yang lebih efektif dan menyenangkan.

Setelah Pembukaan secara resmi, dalam penyajian materi sosialisasinya, Anggota MPR RI di periode kedunya ini menyampaikan, “Negara kita memiliki Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, harus terus disosialisasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”. Unkapnya

Anggota MPR RI bergelar Doktor tersebut mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Salah satu Pertanyaan yang mengemuka adalah, Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum dapat diatasi sepenuhnya. Masyarakat sudah mulai jenuh dengan pandemi Covid-19.

Banyak masyarakat yang sudah berprilaku seperti kondisi normal di tengah ketidaknormalan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapatkah nilai-nilai Pancasila diterapkan untuk menangani dan mengatasi perilaku masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ajiep Padindang menyampaikan “memang benar banyak masyarakat yang berprilaku seperti kondisi normal di tengah ketidaknormalan.

” Kita harus meyakini bahwa nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila-sila Pancasila tersebut bersifat universal. Nilai-nilai Pancasila merupakan sumber nilai bagi tertib hukum, sosial, budaya, dan ekonomi di Indonesia, juga sebagai sumber norma moral bagi penyelenggaraan kenegaraan di Indonesia, terutama dalam masa Pandemi Covid-19 ini dan memasuki kehidupan adaptasi kebiasaan baru,” jelasnya.

Lanjut Ajiep, Nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam sila-sila Pancasila tentunya perlu tertanam di setiap hati masyarakat Indonesia. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman dan patokan dalam bernegara dan bermasyarakat bagi seluruh bangsa Indonesia.

” Dalam kondisi pandemi corona saat ini, tentunya nilai-nilai Pancasila memberikan lebih penyadaran spiritual bagi kita, menumbuhkan nilai empati, tenggang rasa dan cinta bagi sesama, menjadi perekat bagi persatuan bangsa Indonesia, menjadi penyejuk dalam kita bernegara dan bermasyarakat, dan memberikan keadilan sosial serta kesejahteraan dalam berkehidupan bernegara” pungkas mantan Anggota DPRD Prov. Sulsel empat periode tersebut.

Camat Mallawa H. Abdul Razak, SE. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dipilihnya Kecamatan Mallawa sebagai tempat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

“Kegiatan sosialisasi memang sangat kami butuhkan sebagai pencerahan dan pemahaman kepada warga masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang, ” ujar Abdul Rasak. Anchank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *