Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaTeknologiApple dan Google Luncurkan Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Covid-19

Apple dan Google Luncurkan Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Covid-19

Jakarta, faktapets.id – Wabah pandemi Covid-19 menjalar ke seluruh dunia. Hal tersebut membuat Apple dan Google berinovasi dengan meluncurkan tools aplikasi pelacak penyebaran virus Covid-19 versi lebih baru yang dikembangkan sebagai perpanjangan dari framework software contact tracing yang telah dirilis April 2020 lalu.

Pada system baru tersrbut bukan merupakan aplikasi utuh yang langsung bisa diunduh di Play Store atau Apps Store, melainkan framework untuk pengembang aplikasi membuat aplikasi pelacak Covid-19 sesuai kebutuhan.

Nah, Framework baru ini memungkinkan otoritas kesehatan di sejumlah negara membuat aplikasi pelacak Covid-19 dengan lebih sederhana, cukup dengan mengatur framework dasar sesuai kebutuhan mereka.

Menurut Apple dan Google, Aplikasi tersebut akan lebih mudah digunakan dan lebih cepat menyampaikan notifikasi jika pengguna terpapar virus Covid-19 (Exposure Notification Express).

Dan Aplikasi yang dibuat berdasar framework contact tracing yang telah dirilis sebelumnya tidak akan terganggu oleh framework baru ini.

Bahkan, Framework ini juga membantu mencegah agar aplikasi yang dikembangkan di masa depan tidak rumit lagi. Sehingga dengan membuat framework baru yang lebih rapi dan terstruktur ini, maka aplikasi tersebut bisa memunculkan notifikasi (Exposure Notifications Express) terkait virus Corona.

Exposure Notifications Express juga bisa menjadi pelengkap aplikasi contact tracing yang dikembangkan otoritas kesehatan suatu negara, dengan tetap tanpa mengorbankan keamanan dan privasi pengguna.

“Sebagai tindak lanjut, kami ingin otoritas kesehatan lebih mudah dan cepat dalam menggunakan sistem Exposure Notifications, tanpa harus membuat dan mengurus aplikasi sendiri,” kata Google dan Apple dalam sebuah pernyataan.

Dan nantinya sistem baru ini akan tersedia untuk ponsel yang menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru. Sementara, untuk pengguna Apple, sistem ini akan disebar untuk ponsel yang sudah menjalankan iOS 13.7 ke atas. Herry

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments