oleh

KRI Amboina 503 Debarkasi Satgasmar Pam Ambalat 2020

Jakarta, faktapers.id – KRI Amboina 503 yang merupakan kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) berjenis Landing Ship Tank (LST) melaksanakan debarkasi personel Yonif 1 Marinir Brigade Infanteri 2/Marinir Pasmar 2 Surabaya di Dermaga Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (19/9).

Ketika sandar, mereka disambut Tim Merplug Lantamal XIII Tarakan berikut Satgas Penanggulangan Covid 19 Tarakan. 

Debarkasi dilaksanakan secara bertahap sesuai prosedur protokol pencegahan covid 19, mulai personel dengan berjarak dicek suhu badan, penyemprotan disinfektan dan rapid test. 

Begitu pula dengan material pasukan pun disemprot zat disinfektan agar tidak dihinggapi virus covid 19.

KRI Amboina 503 berangkat dari Dermaga Ujung Surabaya pada Selasa (8/9) untuk mendukung Satgas pengamanan Ambalat tahun 2020. 

Komandan KRI Amboina 503 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengatakan saat ini kapalnya sedang melaksanakan debarkasi pasukan Satgasmar yang siap melaksanakan operasi pengamanan Ambalat tahun 2020.

“KRI Amboina 503 sandar di Dermaga Tarakan setelah lintas laut dari Surabaya kemudian singgah di Balikpapan dan kini menurunkan pasukan marinir Yonif 1 dari Pasmar 2 Surabaya. Kondisi kapal aman dan personel pun pun dalam kondisi prima. Namun sesuai protokol kesehatan tetap dilakukan rapid test virus covid 19. Alhamdulillah semua dinyatakan non reaktif,” kata alumni AAL tahun 2001 ini. 

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) juga menyatakan kapal perang jenis Landing Ship Tank ini memang dalam kondisi siap melaksanakan tugas dukungan angkutan laut militer.

“KRI Amboina 503 sudah melalui prosedur pemeliharaan dan perawatan yang terjadwal, maka sesuai dengan tugas pokoknya dengan kesiapan kondisi prajurit serta kapal, KRI Amboina siap melaksanakan tugas dukungan angkutan laut militer sesuai perintah operasinya,” jelas Laksda TNI Irwan Achmadi, M. Tr (Han).

KRI Amboina 503 selanjutnya akan embarkasi Satgasmar Ambalat XXV yang selesai melaksanakan tugas selama kurang lebih 1 tahun kembali ke markasnya.

Sedangkan para prajurit Satgasmar Ambalat 2020 segera menempati pos-pos yang telah dibagi, antara lain pos Sei Pancang, pos Sei Taiwan, pos Balansiku, pos Sei Bajau, pos Tembaring, pos Bambangan, dan pos Nunukan. Ha

Komentar

News Feed