Headline

Bantu Polri Antisipasi Gangguan Ketertiban,  Kolinlamil Intensifkan Latihan Pasukan Anti Huru Hara

×

Bantu Polri Antisipasi Gangguan Ketertiban,  Kolinlamil Intensifkan Latihan Pasukan Anti Huru Hara

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dibawah komando Kepala Satuan Siaga (Kasatsiaga) Detasemen Markas (Denma) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Kapten Laut (P) Syamsul Bahri, Pasukan Anti Huru Hara (PHH) Kolinlamil melaksanakan latihan, di lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/10).

Komandan Denmako Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar mengatakan, kegiatan latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel peleton PHH, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi  kerusuhan siap tampil mengamankan bersama instansi terkait lainnya.

“Latihan ini ke depan akan dilaksanakan secara rutin untuk kesiapsiagaan pasukan huru hara Kolinlamil dalam membantu pihak Kepolisian menghadapi kemungkinan terjadinya kerusuhan atau aksi massa yang mengganggu ketertiban umum,” terang Komandan Denmako yang berada di lapangan.

Dalam latihan ini peleton PHH menerima tiga materi latihan meliputi : latihan formasi, latihan penindakan masa, dan latihan penyelamatan korban massa.

Untuk Latihan formasi ada empat formasi latihan yang dilaksanakan antara lain  formasi bersaf, formasi paruh lembing, formasi eselon kanan/kiri, dan formasi haluan kanan/kiri.

Selama kurang lebih dua jam pasukan peleton PHH dengan penuh semangat memperagakan gerakan demi gerakan secara apik sesuai instruksi yang diberikan oleh pelatih pasukan anti huru hara Peltu SAA Sakriyanto.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menyatakan keterlibatan TNI dalam penanganan huru hara bersifat membantu Polri, hal tersebut bila mana terjadi situasi yang sudah mengarah terhadap gangguan kedaulatan Negara. Sesuai dengan Undang-undang TNI no.34 tahun 2004 tentang TNI sebagai alat pertahanan Negara. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *