Headline

Desa Kanjilo Jadi Lokus Partisipatori Intervensi Kesehatan Lingkungan

×

Desa Kanjilo Jadi Lokus Partisipatori Intervensi Kesehatan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id –Desa Kanjilo Kecamatan Barombong menjadi lokus Kegiatan Partisipatori Intervensi Kesehatan Lingkungan yang dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (Hakli) dalam pencegahan dan penanggulangan Covid19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin mengatakan dipilihnya Desa Kanjilo sebagai lokus dikarenakan tingkat partisipasi masyarakat disana cukup tinggi, apalagi kegiatan ini yang harus melibatkan masyarakat setempat.

Selain itu, dr Hasanuddin mengaku di Indonesia hanya lima provinsi yang ditunjuk pada kegiatan ini yakni Sulsel, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Maluku. Sedangkan di Sulsel hanya tiga kabupaten yaitu Gowa, Maros dan Luwu Utara.

“Alhamdulillah kita salah satu daerah yang ditunjuk karena yang menjadi bahan pertimbangan partisipasi masyarakat kita yang cukup baik,” katanya di Kantor Desa Kanjilo Kecamatan Barombong, Rabu (21/10).

Adapun hasil partisipatori kegiatan ini yakni tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan 6.000 lembar masker yang dilakukan UMKM di Desa Kanjilo.

“Ada 10 unit CTPS, dan 6000 masker. Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, dirinya mengingatkan saat ini Pemkab Gowa telah memiliki Perda Nomor 2 Tahun 2020 mengenai wajib masker dan penerapan protokol kesehatan, sehingga secara otomatis sanksi akan diberlakukan.

“Kegiatan ini sejalan dengan perda kita untuk selalu menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga dengan adanya CTPS tersebut tentunya akan membantu Kabupaten Gowa dalam mencegah penularan Covid-19,” beber Kadis Kesehatan.

Sementara itu Ketua Hakli Kabupaten Gowa, Yahya mengatakan hasil partisipatori tersebut telah selesai 100 persen tersisa pendistribusiannya ke masyarakat setempat dan penempatan CTPS di tempat umum dan mudah dijangkau.

“Semuanya telah selesai tersisa pendistribusian masker dan CTPS. Bahkan untuk menggunakan CTPS cukup menginjak pedal di bawah agar air bisa keluar artinya tidak disentuh lagi pake tangan,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini tidak berhenti dengan penyerahan semata namun bisa berjalan secara masif bahkan bisa dilajukan di daerah lain di Kabupaten Gowa agar mampu meminimalisir penularan Covid-19. Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *