Dinas SDA Kejar Tayang Hadapi Musim Hujan

×

Dinas SDA Kejar Tayang Hadapi Musim Hujan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta melalui program gerebek lumpur kembali melakukan pengerukan lumpur dan sampah sebagai upaya antisipasi banjir.

Gerebek lumpur ini dilakukan di Kali Sekretaris, Jalan Sasak III, Kelurahan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (15/10).

Kegiatan gerebek lumpur ini tidak hanya mengerahkan lebih banyak alat berat, tapi juga kolaborasi lintas dinas dengan mengerahkan 100 satgas pelangi.

Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, kegiatan gerebek lumpur menerjunkan sekitar 100 satgas pelangi, mulai dari Dinas dan Sudin SDA, Dinas Bina Marga, PPSU Kelurahan dan Kecamatan.

“Mudah- mudahan dengan adanya kolaborasi ini Dinas SDA bisa lebih cepat menyelesaikan pengerukan ini,” ujar Juaini.

Ia menjelaskan kali sekretaris dipilih menjadi prioritas lokasi pengerukan karena kawasan tersebut rawan banjir. Hulu Kali Sekretaris berada di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan melintasi Jakarta Selatan hingga ke Jakarta Barat. Kondisi sekitar kali yang padat penduduk membuat pengerukan tidak dapat dilakukan terlalu dalam, yaitu maksimal kedalaman 1 meter.

“Karena kawasan ini sering banjir sehingga sekitar kawasan ini perlu dikeruk. Kali Sekretaris juga dapat kiriman dari hulunya. Selama ini mungkin sudah banyak endapan lumpur di kali. Sehingga harus kita keruk untuk menambah kapasitas” ucap Juaini.

Sementara Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto yang turut hadir untuk meninjau kegiatan tersebut berharap kegiatan gerebek lumpur dapat dilakukan secara berkelanjutan. Kolaborasi tidak hanya dilakukan oleh petugas tapi juga masyarakat sekitar, minimal untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Sebenarnya kegiatan gerebek lumpur ini merupakan salah satu pelecut untuk terus dilakukan. Saya berharap kegiatan ini nanti diikuti oleh masyarakat yang lainnya, pak RT, RW, dan seluruh tokoh masyarakat yang hadir bisa digelorakan, dan ini bisa disampaikan juga kepada masyarakat yang lain untuk menjaga lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Diinformasikan bahwa kegiatan pengerukan lumpur di Kali Sekretaris telah dilakukan sejak awal Januari 2020 di Kelurahan Sukabumi Selatan. Total panjang pengerukan Kali Sekretaris di sepanjang tahun 2020 adalah 2.300 meter.

Dengan total yang sudah dikeruk tahap I yakni perbatasan Jakbar sampai dengan Jalan Panjang sepanjang 1.600 meter. Rencana tahap II yaitu pada segmen Jalan Sasak III ke arah hilir adalah 700 meter.

Dengan kegiatan pengerukan ini, Uus berharap dapat mengurangi dampak banjir yang biasanya melanda Kelurahan Sukabumi Selatan Maupun di perbatasan Kelurahan Sukabumi Utara dan Kelurahan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.Ddg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *