Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaKalimantanDinkes Melawi Ajak Masyarakat Minum Obat Gratis, Cegah Penyakit Kaki Gajah

Dinkes Melawi Ajak Masyarakat Minum Obat Gratis, Cegah Penyakit Kaki Gajah

Melawi, Faktapers Id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir, didampingi oleh Kepala BPBD Kabupaten Melawi Gusti Syafrudin, Serta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kabupaten Melawi dr. Sien Setiawan.bmengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati,

“Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dalam dua tahun terakhir ini membagikan obat kaki gajah secara geratis kepada masyarakat melalui Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Melawi dari mulai setiap bulan Oktober.” Menerangkan,Rabu 14/10/2020.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir, berharap selama dua tahun programnya, mudah-mudahan penyebaran penyakit kaki gajah bisa hilang, dan mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kab.Melawi,” ungkapnya.

“Agar minum obat cacing kaki gajah cecara gratis yang disediakan oleh dinas kesehatan melalui pos-pos dan puskesmas terdekat di tempat tinggal masing-masing masyarakat secara teratur,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ahmad Jawahir, Penyakit Filariasis (Kaki Gajah) adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, nyamuk menggigit manusia yang badannya mengandung anak cacing filaria kemudian nyamuk berpindah menggigit orang sehat dan menularkan anak cacing yang dibawanya tadi sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, tangan, payudara dan buah zakar.

Terkait hal itu di Melawi masih ada pasien yang mengidap penyakit kaki Gajah khususnya terkonsentrasi di Desa Bata Luar Kecamatan Tanah Pinoh Barat Kabupaten Melawi ada (6) kasus yang terdata oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi. Memang di Kabupaten Melawi tidak banyak ditemukan kasus kaki gajah, tapi sekali kena pasien akan cacat seumur hidup.”jelasnya.

Ajakan Ahmad Jawahir, dengan minum obat kaki gajah sesuai yang dijelaskan oleh Petugas Kesehatan maka kita telah menjaga diri kita dan keluarga tercinta dari penularan Penyakit Filariasis, kemudian menjaga lingkungan tempat tinggal, berprilaku Hidup Bersih dan Sehat sehingga lingkungan tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menjadi penular Penyakit Kaki Gajah dan mari menjaga diri dan keluarga kita dari gigitan nyamuk diantaranya dengan tidur menggunakan kelambu, memasang kasa nyamuk dirumah, memakai lotion anti nyamuk.” jelasnya.

Untuk Mencegah Kaki Gajah di Kab-Melawi, mari kita sukseskan Minum Obat Cacing Kaki Gajah secara Gratis dan teratur sesuai ketentuan, ajakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir. Abd/Skn

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments