oleh

Gayung Bersambut Pihak Hotel Bayu Kartika Terima Kesepakatan Masyarakat Pantai Lovina Janji Tak Buang Limbah

Singaraja.Bali, Faktapers.id- Pihak Oner Hotel yang akan mengembangkan usahanya dengan membangun Marine Aquagriculture, berbasis pertanian Modern Air Laut akhirnya menemui para pelaku wisata dan Dive Shop.

Diskusi Minggu 25/10) pukul 17.00 wita tersebut selain pelaku Dive Shop Lovina yang sering melakukan sport di kedalaman air laut juga dihadiri Kades Ketut Suka, Kadus Gede Suarjana, pihak desa Adat Kalibukbuk.

Salah satu pihak desa Kalibukbuk, yang hadir juga memberikan pemaparan Program Trancel Nolid guna mencegah bau dari ikan hasil tangkapan masyarakat yang disuplay ke pihak Hotel Bayu Kartika,”Apakah ikan yang di suplay yakin juga tidak menimbulkan bau, belum lagi pakan pelet yang digunakan,”tanya warga.

Sementara DR Joelian pria lulusan IPB 2008, asli Tanah Toraja Sulawesi Selatan , Palopo yang berhasil mengembangkan usahanya diluar pulau Bali saat bertemu dengan pelaku Dive Shop di Lovina bersedia membuat surat pernyataan bahwa yakin Marine Ecotourism Aquagriculture tidak ada limbah yang nantinya di buang kelaut,pasalnya pihak pengembang kawasan Lovina akan mengembangkan biorok berbentuk patung Janger Bali didasar laut Lovina , namun koncep tersebut memiliki visi yang sama dengan pihak hotel Bayu Kartika ,”Kami siap bahwa Marine Ecotourism Aquagriculture tidak ada pembuangan limbah kelaut, bukan kertas yang menjadi jaminan nanti hasilnya . Kalau memenang berlimbah dan bau suruh tutup artinya saya gagal sebaagi pecinta lingkungan ,”jelas DR Joelian.

DR Joelian juga menambahkan bahwa pihak Pengembang Hotel Bayu Kartika akan siap mengembangkan trumbu karang Lovina yang selama ini mati atau tercemar,”Kami siap membantu dan memfasilitasi pengembangan koral garden berbasis biorok untuk kawasan Lovina,”papar DR Joelian.

Kades Kalibukbuk Ketut Suka yang awalnya diam dengan kesibukanya bermain henphone dan pendengar diakhir diskusi sedikit bicara hanya saja berucap mensuport apa yang difasilitasi pihak hotel,”Harapan saya bersinergi saling melengkapi membuka diri, untuk kebaikan kita semua. Dan jangan diplintir-plintir,” singakatnya.Des

Komentar

News Feed