Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaSulawesiKepala Balai Gakkum Sulawesi Laksanakan FGD Melalui Zoom Tentang Penanganan Tindak Pidana...

Kepala Balai Gakkum Sulawesi Laksanakan FGD Melalui Zoom Tentang Penanganan Tindak Pidana Kehutanan

Makassar, Faktapers.id  -Kepala Balai Gakkum Sulawesi, Dodi Kurniawan, S.Pt,MH melaksanakan Forum Group Diskusi (FGD)  melalui aplikasi zoom yang mengagendakan tentang penanganan pertama Tindak Pidana Kehutanan Tahun 2020.

Rapat ini dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan selaku Ketua II Satgas. Kemudian, dipandu oleh moderator Muhammad Amin selaku Kepala Seksi Wilayah I Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi sekaligus Sekretaris I Satgas.

Tujuan FGD agar para peserta dalam melakukan tugas tugas upaya pencegahan penanggulangan tindakan kejahatan di bidang kehutanan diwilayah kerja, dapat bekerja secara profesional, berintegritas, responsif, dan konsisten serta dilakukan secara koloboratif, selain itu dapat berbagi pengalaman, dan ilmu pengetahuan antar seluruh perserta, serta tujuan lain untuk membangun sinergisitas, kolaborasi dan terjalinnya hubungan kerjasama yang baik antara pusat dan daerah di provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih kurang 100 peserta antusias menyimak arahan Kepala Balai Gakkum Sulawesi. Terdiri dari Polhut dan staf di Balai Gakkum KLHK Sulawesi, Polhut, pejabat struktural, dan staf di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, dan Polhut, pejabat struktural dan staf yang ada di KPH dan Cabang Dinas Kehutanan se Sulawesi Selatan.

Dodi menyampaikan, FGD ini sebagai lanjutan dari program Satgas LHK provinsi Sulawesi Selatan yang telah dibentuk pada bulan Maret 2020 berdasarkan Surat keputusan Gubernur Sulawesi Selatan.

Sesuai arahan Kepala Balai, diadakannya Forum Diskusi Grup (FGD) ini diharapkan adanya persamaan persepsi dalam melakukan tindakan pertama dalam upaya penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan di wilayah kerja ditingkat tapak, dan dilakukan sesuai dengan aturan, serta disampaikan langkah langkah apa saja yang perlu dilakukan bila mengamankan pelaku, saksi, BB dan tersangka baik dalam tertangkap tangan maupun tidak tertangkap tangan, bagaimana teknik dan taktik olah TKP, penangkapan, pengamanan BB, serta hal hal terkait dengan aturan dibidang kehutanan dan lingkungan hidup.

Polhut, lanjutnya. sebagai garda terdepan dalam mengamankan dan mengawasi tindakan kejahatan di bidang kehutanan dituntut harus meningkat kinerja dg disiplin, ilmu pengetahuan, ketrampilan agar profesional, diisi lain dibutuhkan integritas yang baik, dan bekerja dengan hati, serta penuh tanggungjawab. kedepannya tantangan dan ancaman terhadap gangguan Kawasan hutan makin meningkatkan setiap tahun.

Kepala Balai berpesan, kepada seluruh personil Polhut yang ada di KPH di daerah-daerah dan personil Balai Gakkum LHK Wil Sulawesi untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya, dan tidak ikut membantu atau bermufakat melakukan kejahatan dibidang kehutanan.

“Akhir-akhir ini Balai Gakkum LHK Sulawesi, telah mendapati beberapa kasus kejahatan bidang kehutanan terutama kegiatan pembalakan liar ditemukan beberapa oknum dari polisi’ kehutanan sendiri yang terlibat langsung dan bahkan kini menjadi tersangka kejahatan di bidang kehutanan,” ungkapnya.

Namun Kepala Balai masih optimis dan masih banyak polisi kehutanan yang memiliki integritas, profesional, komitmen dan responsif, konsisten sampai saat menjalankan tugas kedepannya dengan baik, dan mengajak semua peserta FDG yang hadir dan mendengarkan utk selalu bersinergi, saling mendukung dan membantu dalam menjalankan tugas dilapangkan kedepannya.

Harapan Kepala Balai dengan adanya kasus yang melibatkan oknum oknum tersebut bisa dijadikan pelajaran bagi Polhut dan ASN kehutanan dimana pun berada salah satu nya di Sulawesi Selatan untuk lebih bertahti-hati dan jangan coba-coba bermain-main dalam menjalankan tugas dilapangan nantinya.

“Seragam Polhut merupakan sebuah tanda kewibawaan personil dalam melakukan tugas di lapangan. Seharusnya kita bangga dengan seragam Polhut yang kita pakai. Itu merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan untuk seluruh personil dalam mengamankan kawasan hutan dan hasil hutan. Untuk semua personil Polhut kami mengajak sekiranya dapat memakai seragam Polhut yang sesuai ketentuan yang berlaku dalam menjalankan tugas sehari-hari., beber Dodi pada rapat virtual, Rabu 21 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Dodi Kurniawan menuturkan, kinerja Polhut adalah sebuah tugas yang mulia untuk menjaga kelestarian hutan untuk masa depan Indonesia. “Berbanggalah dengan identitas kita sebagai Polhut.

Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil Polhut yang ada di KPH dan CDK se Provinsi Sulsel dan Staf Balai Gakkum LHK Sulawesi yang telah menghadirkan acara ini dan telah menjaga integritasnya dlam menjalankan tugas yang baik di wilayah kerja masing-masing, semoga kedepannya makin baik, selamat bekerja dan tetap jaga kesehatan dlam menjalankan tugas kedepannya ,” ucap Dodi mengakhiri rapat. Anchank

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments