oleh

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Operasi Zebra 2020 Selama 2 Pekan

Jakarta, faktapers.id – Untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan kembali menggelar Operasi Zebra 2020 selama dua pekan ke depan. Operasi Zebra akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020.

“Untuk Operasi Zebra 2020 ini akan digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jumat (23/10/2020).

Menurut Sambodo, dalam Operasi Zebra kali ini, aparat akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2020. Yakni lebih banyak tentang sosialisasi. Sedangkan penegakan hukum baru akan dilakukan terhadap pelanggar lalu lintas sebagai pilihan terakhir. Penindakan hukum kepada pelanggar lalu lintas akan difokuskan apa bila pengendara membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain. Keputusan itu diambil guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Untuk operasi kali ini kita lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas, dari pada penegakan hukum. Kamudian untuk sanksi tindak akan kita berikan kepada para pengendara yang melanggar seperti, melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line, dan helm,” tambah Sambodo.

Sanksi yanga akan diterapkan bagi pelanggar akan mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggar lalu lintas bisa terancam pidana kurungan atau denda. Her

Komentar

News Feed