Jumat, Februari 26, 2021
Beranda Jawa Semangat Sumpah Pemuda Dalam Menghadapi Pandemi Covid- 19

Semangat Sumpah Pemuda Dalam Menghadapi Pandemi Covid- 19

Oleh : Hj Lusiana, S.STP, M.Si

Klaten, faktapers.id – Sumpah Pemuda merupakan peristiwa yang besar dan penting bagi bangsa Indonesia, hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, adalah momentum bagi masyarakat untuk menguatkan peran pemuda dalam mewujudkan cita-cita bangsa, apalagi pada kondisi sekarang menghadapi Pandemi Covid-19.

Semangat persatuan dari sumpah pemuda dapat dijadikan sebagai semangat untuk menghadapi banyaknya tantangan terutama menghadapi pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda harus menjadi patokan para pemuda untuk memantapkan rasa persatuan untuk menghadapi berbagai rintangan, peringatan hari sumpah pemuda ini mengingatkan akan semangat Pemuda-Pemuda terdahulu yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dengan menjiwai pengorbanan para generasi muda bangsa Indonesia dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Peran generasi muda, sebagai sosok yang kuat, yang tegar, yang penuh semangat dan energi, dapat membawa perubahan dengan bersama-sama membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, semua masyarakat termasuk para generasi muda mempunyai peran dan tugas dalam menghadapi pandemi Covid-19, terutama pada generasi muda, usia muda merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan yang besar.

Peran generasi muda ini sangat penting dan generasi muda bisa berperan sebagai pembawa perubahan yang besar, dengan semangat gotong royong para pemuda dapat bersama-sama melakukan

Hal-Hal yang dapat memutus mata rantai virus Covid-19 dengan menjadi pelopor dan penggerak protokol kesehatan, generasi muda dapat bersama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan saat ini, karena protokol kesehatan sangat penting untuk masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas sosial saat ini.

Dengan sosialisasi protokol kesehatan dapat meningkatkan rasa kewaspadaan masyarakat dan dapat mencegahnya penyebaran wabah Covid-19 ini. Peran aktif para pemuda sangatlah dibutuhkan pada saat yang penuh tantangan ini, pemuda memiliki banyak peluang dalam mengatasi wabah Covid -19 ini.

Meski pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tapi peran kaum muda untuk aktif memastikan advokasi kesehatan masyarakat disebut penting. Kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Peran kaum muda dalam situasi darurat kesehatan tidak dapat dikesampingkan.Kaum muda memiliki kapasitas dan kesempatan untuk menciptakan lingkungan pemungkin (enabling environment) dalam situasi apa pun, termasuk dalam situasi darurat kesehatan. Mereka memiliki kecepatan, ketangguhan, kecerdasan, serta jejaring untuk menginisiasi inovasi berbasis teknologi sehingga memudahkan masyarakat bahkan pengambil keputusan atau kebijakan di daerah masing-masing.

Kaum Muda sangatlah memberikan pengaruh besar, pemuda dapat diharapkan sebagai pembawa perubahan yang baik, apalagi disaat yang penuh tantangan ini, Indonesia sangat membutuhkan pemuda yang penuh inovasi, yang mampu memberikan solusi, yang bisa membawa perubahan dan memberikan kekuatan yang besar dalam menghadapi tantangan-tantangan kedepannya.

Peringatan Sumpah Pemuda ini dapat dijadikan sebagai pembangkit rasa persatuan dan rasa semangat yang besar terutama bagi generasi muda.

Peringatan sumpah pemuda bagi generasi muda indonesia dapat menumbuhkan rasa kerja keras, rasa persatuan dan kesatuan, rasa saling peduli, rasa saling berbagi, rasa simpati dan empati dan, semangat gotong royong dalam membangun suatu kebersamaan sebagai bangsa.

Dengan semangat persatuan para pemuda, tantangan yang berat termasuk pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi ini pasti akan terlewati.

Seperti kata-kata Bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Dengan perkataan dari bung karno ini, dapat disimpulkan bahwa peran generasi muda sangatlah dibutuhkan sebagai pembawa perubahan yang besar.

Dengan kekuatan yang besar dari generasi muda akan membawa perubahan yang baik kedepannya, dan dengan peringatan

Sumpah Pemuda ini, semoga menyadarkan generasi muda bahwa perannya sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan dan membangkitkan kobaran semangat para pemuda dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,terutama menghadapi pandemi Covid-19. ***

Penulis adalah Kasubbag Umum dan Kepegawaian sekaligus Sekretaris Gusgas Covid-19 Disperinaker Klaten

Most Popular

Recent Comments