oleh

TIDAK BENAR alias HOAX, Voucher Gratis Pengisian BBM di SPBU

Jakarta, faktapers.id – Beredar pesan berantai di jejaring sosial yang tertulis “Dapatkan kartu gas gratis senilai Rp 600.000 setiap pengisian bahan bakar di SPBU. Warga yang ingin mendapatkan voucher tersebut diminta masuk ke tautan link” itu TIDAK BENAR alias HOAX.

Dikutip dari Situs Pertamina.com, tidak ada informasi pembagian voucher Rp600 ribu bagi pembeli bahan bakar di SPBU. Namun, Pertamina sendiri pernah memberikan promo pembelian BBM dan Gas LPG.

Menyambut Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pertamina menggelar berbagai Promo Kemerdekaan selama sebulan penuh dari 1 – 31 Agustus 2020. Promo tersebut dikemas dalam berbagai bentuk; cashback 30 persen untuk pembelian BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex serta diskon pembelian tabung perdana dan isi ulang bright gas 5,5 Kg dan 12 Kg.

Dapat disimpulkan, Klaim isi bahan bakar di SPBU dapat voucher Rp600 ribu adalah salah. Faktanya, diduga situs tersebut modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik oleh penerima pesan.

Informasi ini jenis hoaks (konten palsu) terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung jawabkan secara fakta. */Ibeng

Komentar

News Feed