oleh

Wakil Menteri KLHK Kunjungi TNBB Bali Utara Lepas Liar Curik Bali dan Tinjau Penanaman Mangrove

-News-14 views

Singaraja.Bali.Faktapers.id- Kunja Wakil Menteri KLHK, DR Alue Dohong bersama rombongan ke wilayah TNBB yang berlokasi di Desa Sumberklampok di Kecamatan Gerokgak/ Buleleng Barat, Jumat (23/10) pukul 11.30 wita disambut baik Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat Ngurah Krisna Kepakisan bersama jajaran.

Kunja Kementrian KLHK juga meninjau ke lokasi penanaman mangrove di Teluk Terima dengan jumlah luasan hampir mencapai 8 hektar di Kelompok masyarakat Bunga indah dan Wana Segara, kemudian dilanjutkan ke Labuan Lalang untuk pelepasan liaran Burung Jalak Bali yang dikenal dengan nama Curik Bali, serta ke Sanctuary Curik Bali di Tegal Bunder.

Sementara Kepala Balai TNBB Ngurah Krisna Kepakisan kepada Fakta mengatakan kunjungan pertama ke Pulau Dewata menurutnya suatu kebanggaan pusat bisa melihat kondisi di lapangan.

“Agenda Wamen ke Bali selama 4 hari di Bali, pertama di Denpasar meninjau kelompok masyrakat di Pemogan yang melestarikan mangrove, hari kedua melapas Penyu (Tukik) di perancak, penanaman mangrovr di Teluk Terima dan melapas Curik Bali di Labuan Lalang dan meninjau penangkaran Curik Bali di Desa Blimbingsari sekaligus melepas yang di pelihara Kelompok masyarakat. Kunjungan beliau bagian dari agenda Kunja dan beliau harus mengenal daerah TNBB ada Curik Balinya serta meninjau keleibihan dan kekurangan kawasan TNBB, “ terang Ngurah Krisna.

Selaku Kepala Balai yang dikunjungi pusat Ngurah Krisna sangat bangga.

“Kami bangga pusat datang seperti tahun lalu ibu Mentri juga melihat kawasannya, untuk peninjauan penanaman mangrove adalah pemulihan ekonomi nasional yang melibatkan masyarakat. Bali mendapat 100 hektar penananan yang merupakan proyeknya Nasionalnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, salah satunya TNBB dari 12 lokasi mendapat 8 hektar yang dibagi lima kelompok Kemitraan Konservasi,”jelas Ngurah Krisna.

Sisi lain terkait keamanan kunjungan Kementrian KLHK bersama rombongan, Polsek Gerokgak jajaran Polres Buleleng yang di hadiri langsung Kompol Made Widana, S.H bergabung dengan anggota Polres Buleleng yang dipimpin Kapag Ops Kompol A. A Wiranata Kusuma, SH., M. Dengan pengamanan exstra ketat kendati Bali merupakan wilayah yang aman dan kondusif.

Kapolsek Gerokgak Kompol Made Widana dikonfirmasi Faktapers.id memaparkan, rombongan menuju Kantor Wilayah Seksi II TNBB yang berada di jalan menuju Pura Segara Rupek ,meninjau tempat penangkaran burung Curik Bali. Dengan petugas pengamanan dari Polsek Gerokgak dibantu petugas pengamanan dari Polres Buleleng, Dan TNI Dari Koramil Gerokgak.

“Pengamanan ekstra ketat kita lakukan mulai dari penggal jalan yang dilalui rombongan, pengamanan tempat parkir kendaraan dan pengamanan di lokasi kegiatan. Hal itu untuk menjamin kegiatan berjalan lancar tanpa gangguan.Tidak hanya pengamanan saja yang dilaksanakan, namun sebelumnya juga dilakukan survei lokasi dan sterilisasi di lokasi sebelum kunjungan oleh anggota Polsek Gerokgak,” kata Kompol Made Widana. Des

Komentar

News Feed