Senin, September 27, 2021
BerandaAnies Baswedan Tinjau Rumah DP Nol di Bandar Kemayoran
Array

Anies Baswedan Tinjau Rumah DP Nol di Bandar Kemayoran

Jakarta, Faktapers.id – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Rusunami Bandar Kemayoran, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (7/11/2020).

Kunjungan dilakukan di sela-sela acara seremoni dua lokasi hunian baru DP Nol melalui siaran langsung zoom meeting di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Sesampainya di Rusunami Bandar Kemayoran, Anies kembali menghadiri siaran langsung zoom meeting di ruang marketing. Setelah itu, dilanjutkan dengan peninjauan area bermain anak atau play ground dan menuju Blok A5 lantai 16 untuk meninjau kondisi unit Rusunami tersebut.

“Alhamdulillah, tantangan kita salah satunya yang terbesar adalah tentang warga bisa mendapatkan perumahan tanpa dibebani dengan biaya uang muka. Dan Alhamdulillah sekarang Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Perumnas melalui program rumah DP nol rupiah. Ujungnya adalah bagaimana kita bisa membuat masyarakat mendapatkan hunian secara terjangkau dan layak, dan dalam jangka panjang secara bertahap kesejahteraannya meningkat,” jelas Anies dalam keterangan tertulis Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Ungkapan syukur disampaikan salah satu penerima manfaat program DP Nol Rupiah di Rusunami Bandar Kemayoran, Lucky Yanuar Dwiyani (31).

Kepemilikan unit Rusunami melalui program DP Nol Rupiah ini tak disangka sebelumnya. Awalnya, wanita yang bekerja sebagai honorer Puskesmas Kelurahan Pademangan Timur 1 ini hanya berniat mencari kontrakan usai masa kontrakan di rumah sebelumnya habis.

“Awalnya saya cuma mau nyari sewa kontrakan, tapi dapat informasi dari kerabat bahwa ada program DP Nol Rupiah ini. Akhirnya saya coba mendaftar, dan Alhamdulillah malah bisa punya rumah milik sendiri,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Rusunami Bandar Kemayoran ini memiliki banyak keunggulan. Selain tanpa DP dan biaya ringan, Rusunami ini memiliki fasilitas ramah anak seperti adanya area play ground.

“Di sini juga ada masjid. Kebetulan deket ke sekolah anak dan deket tempat kerja. Karenanya setiap hari saya cukup menggunakan sepeda ke tempat kerja,” ungkapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Sarjoko melaporkan progres penghunian program DP nol rupiah Perum Perumnas per tanggal 6 November 2020.

Total jumlah pendaftar online pada laman pendaftarandpnol.jakarta.go.id saat ini mencapai 899 orang. Calon Penerima Manfaat (CPM) akan menjalani verifikasi untuk mendapatkan informasi memenuhi syarat atau tidak dalam waktu yang singkat.

“Untuk rusunami Bandar Kemayoran, jumlah pendaftar sebanyak 430 CPM, lolos verifikasi sebanyak 386 CPM, dan berproses di Bank DKI sebanyak 72 CPM, dan telah akad sebanyak 27 penerima manfaat. Sedangkan pada Sentraland Cengkareng, jumlah pendaftar sebanyak 484 CPM, lolos verifikasi sebanyak 454 CPM, dan berproses di Bank DKI sebanyak 73 CPM, dan telah akad sebanyak 22 penerima manfaat,” terangnya.

Perlu diketahui, sebelumnya program DP nol rupiah diawali dengan penghunian Nuansa Pondok Klapa yang dibangun oleh Perumda Sarana Jaya. Saat ini pendaftar sebanyak 24.422 orang dan yang sudah dinyatakan lolos verifikasi sebanyak 16.730 CPM.

Sedangkan yang telah diundang untuk melakukan survei unit sebanyak 11.733 CPM dan 950 CPM sedang dalam proses perbankan, serta yang telah akad saat ini sebanyak 481 penerima manfaat. Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments