Headline

Survei Emerson: Kebiasaan Berbelanja Masyarakat Berubah Signifikan Akibat Pandemi Covid-19

×

Survei Emerson: Kebiasaan Berbelanja Masyarakat Berubah Signifikan Akibat Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dalam laporan riset pasar bertajuk ‘Survei Konsumen Rantai Pendingin selama Covid – 19’, Emerson’s Commercial & Residential Solutions merilis bahwa sejak pandemi Covid-19, kebiasaan berbelanja masyarakat sudah berubah secara signifikan. ternyata, hal tersebut mampu mendorong industri ritel untuk cepat beradaptasi dan melakukan penyesuaian dengan perilaku model konsumsi masyarakat yang baru.

Hal tersebut menjadi fokus penting bagi industri ritel, supermarket, dan pemasok yang mendorong mereka untuk mulai merancang dan berinvestasi dalam teknologi, proses, dan infrastruktur rantai pendingin (cold chain) yang dapat memastikan kesegaran dan keamanan makanan untuk memenuhi harapan konsumen.

Dalam surveinya, Emerson mengumpulkan tanggapan dari 604 pria dan wanita dewasa berusia 20-60 tahun di Indonesia, Australia, China, India, Filipina, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand dan Uni Emirat Arab.

“Sekitar 8 dari 10 (81%) responden mengatakan bahwa mereka sangat memperhatikan kualitas dan keamanan suhu makanan di seluruh rantai pasokan selama pengiriman dan penyimpanan makanan,” sebut Survei Emerson, kepada faktapers.id dalam keterangan persnya Selasa (10/11/2020).

Sementara itu, sebanyak 72% responden berencana untuk kembali berbelanja di pasar tradisional, supermarket, hypermarket, setelah pembatasan sosial Covid-19 dihapus, namun tetap mengharapkan kualitas dan kesegaran makanan yang terjamin. Terlebih lagi, banyak konsumen, termasuk mayoritas responden di India dan Cina, mengatakan mereka akan terus membeli bahan makanan segar secara daring.

Dengan menyediakan kompresor dan teknologi pendingin yang canggih, Emerson membantu menjaga kualitas makanan sepanjang tahapan rantai pendingin bagi berbagai aspek pelaku pasar, mulai dari petani, pengolah, hingga distributor dan retail.

Lebih banyak konsumen yang memasak dan makan di rumah.

Pandemi Covid-19 telah mengubah preferensi tempat bagi masyarakat dalam mengonsumsi makanan. Sekarang, lebih sedikit orang yang makan di luar rumah dibandingkan sebelumnya. Rata-rata, 47% responden mengatakan mereka akan memilih untuk tetap memasak dan makan di rumah, bahkan ketika pembatasan sosial telah dilonggarkan. Mayoritas responden di Afrika Selatan (84%), India (77%), Filipina (72%), Australia (61%) dan Indonesia (60%) cenderung memilih untuk makan di rumah daripada di rumah makan.

Hasilnya, konsumen akan terus membeli produk segar dari toko retail. Perubahan tersebut menciptakan peluang baru bagi toko ritel, supermarket, dan toko daring yang ingin melakukan penyesuaian dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi konsumen, serta mengatasi kekhawatiran mereka tentang keamanan dan kualitas pangan melalui peningkatan teknologi pendingin.

Konsumen di Asia sekarang berbelanja bahan makanan secara daring.

Beberapa pasar utama di Asia melihat pertumbuhan pesat dari sektor e-commerce yang menjual makanan segar. China menempati urutan pertama dengan 88% responden memilih untuk memesan makanan segar dari toko daring atau melalui aplikasi seluler, diikuti oleh Korea Selatan (63%), India (61%) dan Indonesia (60%). Bahkan setelah pembatasan dilonggarkan, 52% responden di India dan 50% responden di China mengatakan mereka akan terus membeli makanan segar secara daring.

Dengan banyaknya jumlah persediaan makanan yang didinginkan dan dibekukan, pusat distribusi besar menghadapi tantangan unik untuk mencegah kerusakan makanan dan menjaga kualitas pangan dalam skala besar. Terlebih lagi, banyak dari mereka yang memasok untuk pemenuhan kebutuhan ritel e-commerce makanan.

Emerson menyediakan dan membantu operator pusat distribusi dengan sistem pendingin yang Baik, kontrol ketat, pemantauan suhu, fasilitas, aset, serta pengiriman yang terintegrasi untuk memastikan kualitas makanan tetap terjaga dalam proses pengiriman.

Supermarket dan pasar tradisional telah meningkatkan metode dan standar keamanan sejak awal pandemi, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan.

 

Mayoritas responden survei percaya bahwa supermarket (82%) dan pasar tradisional (71%) telah meningkatkan metode dan standar mereka dalam memastikan keamanan dan kualitas pangan. Konsumen semakin berharap industri makanan mematuhi protokol keselamatan dan kesehatan (20%), menjaga kebersihan toko (20%), serta menjual makanan yang berkualitas, higienis, dan segar (15%).

Perubahan perilaku konsumen akan menciptakan peluang pasar yang signifikan bagi peritel untuk menggunakan sistem rantai pendingin yang canggih, didukung oleh teknologi terbaru yang terintegrasi, untuk memasok makanan segar dan berkualitas, sehingga membangun kepercayaan konsumen dalam jangka panjang. Her

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *