oleh

Tawon Vespa Mengganas, Semalam 6 Tempat Dievakuasi Relawan SKB Klaten

Klaten, faktapers.id – Relawan Sedulur Klaten Bersinar (SKB) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah intensif melakukan Operasi Tangkap Tawon (OTT). Pasalnya, dalam semalam kebanjiran laporan, 6 tempat sarang tawon berhasil di evakuasi, salah satunya di Perum Griya Sakinah, Belang Kulon, Jonggrangan, Klaten Utara.

Komandan Relawan SKB Klaten, Agus Supriyanto mengatakan, 6 tempat tersebut antara lain 2 tempat di Jogonalan, 2 di Polanharjo dan 2 di Klaten Utara. Nyaris seluruhnya adalah jenis Vespa Affinis atau lebih dikenal dengan Tawon Vespa.

Menurut dia, tawon jenis ini berbahaya jika berada di permukiman. Akibatnya, warga khawatir dan meminta agar tawon tersebut dimusnahkan.

“Evakuasi dilakukan malam hari agar semua tawon sudah berada di sarang. Dalam sehari bisa tiga hingga empat kali mengevakuasi tawon,” kata Agus, Rabu (18/11) malam.

Ia menjelaskan, dalam evakuasi sarang tawon, petugas eksekutor harus berpengaman lengkap. Standarnya adalah Wearpack khusus pemadam kebakaran. Seluruh lubang pakaian ditutup rapat agar tidak ada kemungkinan tawon menelusup.

Menurut dia, tawon jenis ini sangat berbahaya. Sebab, sengatannya bisa sampai menyebabkan korban meninggal dunia. Pasalnya, ratusan tawon bisa menyerang dalam satu waktu sekaligus.

Oleh karena itu, eksekusi dilakukan malam hari. Saat malam hari, semua tawon sudah berada di dalam sarangnya sehingga lebih mudah mengevakuasi.

“Lubang sarang tawon disumpal dengan kapas yang dilumuri bensin, lantas tawon pingsan setelah itu sarang dibakar hingga mati,” ujarnya.

Akan tetapi, sering kali tim OTT juga menghadapi kendala saat akan mengevakuasi sarang tawon berukuran besar. Tak jarang, ada beberapa lubang sarang berukuran besar, sehingga tidak bisa disumpal bensin.

Dalam kasus seperti ini, petugas membekali diri dengan bensin. Bensin itu disemprotkan ke tawon yang berkeliaran. Setelah itu, sarang tawon ditutup dengan karung dan dimusnahkan.

“Petugas eksekutor tidak sembarangan orang harus memenuhi standar operasional pelaksanaan (SOP), selain berpakaian lengkap dan personelnya juga sudah terlatih,” ujarnya.

Untuk diketahui, relawan SKB Klaten dibentuk pada tahun 2017 dengan motto Tansah Tulung Tinulung. Pelayanan masyarakat ini tanpa dipungut biaya. Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi pengurus relawan SKB Klaten No Hp 0857 9917 8000 / 0815 7836 3000. Madi

Komentar

News Feed