Beri Kemudahan Pelanggan, IPC TPK Luncurkan Behandle Management System

544
×

Beri Kemudahan Pelanggan, IPC TPK Luncurkan Behandle Management System

Sebarkan artikel ini

 

 

 

 

 

Jakarta, faktapers.id – PT IPC Terminal Petikemas/IPC TPK terus melakukan transformasi digital dengan meluncurkan Behandle Management System (BMS). Pengembangan inovasi ini bertujuan memangkas waktu pelayanan bongkar muat dan memberi kemudahan kepada pelanggan melalui aplikasi digital. Behandle Management System (BMS) merupakan sistem terpadu yang mendukung penuh siklus pelayanan pemeriksaan barang (behandle) di pelabuhan berupa

aplikasi berbasis website yang dapat diakses menggunakan internet maupun

mobile.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, kami terus berupaya meningkatkan

pelayanan melalui digitalisasi sistem di pelabuhan untuk menciptakan

kemudahan bagi para pelanggan. Dengan adanya Behandle Management System

(BMS), mereka dapat memantau kegiatan pemeriksaan barang (behandle)

dengan menggunakan perangkat digital dalam genggaman,” kata Plh Direktur

Operasi & Teknik IPC TPK, David Sirait.

 

Pengaplikasian BMS membuat kegiatan pelayanan pemeriksaan barang

(behandle) menjadi lebih efektif, efisien dan transparan. BMS juga

mengakomodir program nasional joint inspection, yaitu pemeriksaan

petikemas yang dilakukan oleh Bea Cukai dan Balai Karantina secara

bersamaan.

 

Sistem BMS dilengkapi beberapa fitur yang mempermudah kegiatan joint

inspection diantaranya e-Registration untuk melakukan pendaftaran

pelanggan yang akan melakukan pengajuan proses behandle maupun

pendaftaran akses BMS, e-Request untuk melakukan pengajuan kegiatan

behandle terhadap petikemas yang akan diperiksa oleh petugas Bea Cukai

dan petugas Karantina serta e-Tracking berfungsi untuk melakukan

monitoring dokumen dan petikemas yang akan diperiksa, proses pemeriksaan

dan setelah pemeriksaan.

 

Implementasi sistem BMS juga terintegrasi dengan sistem operasi terminal

petikemas (OPUS) dan New Billing System (NBS). Dengan demikian, semua

riwayat kegiatan pemeriksaan barang (behandle) dapat terpantau secara

real time.

 

“Peluncuran BMS merupakan langkah proaktif IPC TPK untuk terus

memberikan nilai tambah kepada pelanggan, memenuhi kebutuhan pemilik

barang dan memastikan bisnis mereka dapat berjalan dengan lancar. BMS

juga mendorong digitalisasi transaksi untuk meminimalisir kontak fisik

di masa pandemik.” tutup David. Han

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *