Jumat, Februari 26, 2021
Beranda Bali Antisipasi Natal dan Tahun Baru 2020, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Ikuti Rakor...

Antisipasi Natal dan Tahun Baru 2020, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Ikuti Rakor Satgas Nasional Covid-19

Denpasar. Bali, Faktapers.id – Meluasnya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Resiko yang sangat tinggi terhadap orang-orang yang memiliki penyakit penyerta atau disebut dengan Komorbid ini ketika tertular Covid-19, membuat Pemerintah berupaya mengambil langkah-langkah pencegahan yang sistematis dan terukur serta harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat dalam menanggulangi dan menghentikan penyebaran Covid-19 tersebut.

Terkait hal tersebut, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus Joko Rianto, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo, bertempat di Ruang Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Minggu (13/12/2020) malam.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan melalui Video Conference (Vidcon) tersebut, membahas tentang Antisipasi Libur Natal dan Tahun Baru 2020 dan Upaya pencegahan Covid-19, Terintegrasi Dengan Upaya Pencegahan Kematian Akibat Komorbid Covid-19 (Merujuk Pada WHO Policy Brief : Responding to NCDS During and Beyond The Covid-19 Pandemic),

Rakor tersebut diawali dengan pemaparan Update Penanganan Covid-19 di 13 Provinsi Prioritas (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Aceh, Bali, Riau, Sumatera Barat dan Kalimantan Timur), yang dipresentasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Daerah maupun Kepala Dinas Kesehatan di masing-masing Provinsi tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM., intinya secara umum memaparkan, Provinsi Bali sampai saat ini terus mengalami penambahan kasus, dalam minggu ini yang terkonfirmasi kasus positif bertambah 73 menjadi 15.584 kasus dan sembuh bertambah 64 menjadi 14.175 kasus sedangkan yang Meninggal bertambah 2 menjadi 942 kasus.

Selanjutnya, Kadiskes Provinsi Bali menyampaikan, tantangan yang dihadapi dalam upaya penanggulangan Covid-19, antara lain tracing dan testing yang dilakukan masih belum maksimal, isolasi dan karantina mandiri masih belum terlaksana dengan baik dan kepatuhan masyarakat dalam mererapkan Protokol kesehatan belum maksimal, termasuk potensi peningkatan mobiltas penduduk dan interaksi antara orang pada saat menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020, apalagi upacara keagamaan dan kegiatan adat masih sangat tinggi.

Sementara itu, Kapala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H., yang intinya menyampaikan, akan segera diaktifkan lagi beberapa hunian di kawasan wisma atlet dan hotel-hotel sekitarnya untuk menangani kemungkinan terjadinya peningkatan pasien posif Covid-19, Pasca Pilkada serentak serta dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020, namun tenaga kesehatan yang ada sangatlah terbatas sehingga perlu penambahan lagi dalam pelaksanaannya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang tetap melaksanakan upaya memutus Covid-19 selama pelaksanaan Pilkada, namun perlu diingat tahapan Pilkada belum selesai, tetap laksanakan Protokol Kesehatan, hindari terjadinya kerumunan, hindari jabat tangan, hindari berpelukan atau rangkulan dan lain-lain, terlebih pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Setiap daerah agar mengiatkan kembali Posko Covid-19 dengan maksimal sebagai modal awal dalam menerapkan 3M, sehingga apabila ada peningkatan kasus dan pelanggaran Protokol Kesehatan dapat segera diketahui dan ditangani dengan maksimal, guna menanggulangi dan memutus penyebaran Covid-19,” tegas Ketua Satgas Nasional.

Jangan anggap enteng Covid-19, disetiap daerah agar mengoptimalkan program 3T (Tracing, Testing, Treatment), dengan tetap menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan serta Menjaga jarak atau Menghindari kerumunan). Optimalkan RS Lapangan termasuk RS rujukan karena pemerintah pusat akan terus mendukung secara optimal usulan dari Pemerintah Daerah guna menanggulangi dan memutus penyebaran Covid-19.

“Jangan cepat menyerah, mari kita bersatu dan bahu membahu dalam menangani dan menanggulangi Covid-19 ini. Tingkatkan terus koordinasi dengan semua pihak termasuk TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan Intelijen daerah serta Satgas lainnya untuk merubah prilaku masyarakat dalam upaya untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan,” demikian Kata Ketua Satgas Nasional.

Turut hadir mendampingi Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana dalam vidcon tersebut antara lain Kadesdam IX/Udayana, Karumkit Tk. II Udayana, Waasops dan Waasintel Kasdam IX/Udayana, sedangkan di masing-masing tempat, Vidcon tersebut juga diikuti Para Danrem dan Para Dandim jajaran Kodam IX/Udayana. */Ans

Most Popular

Recent Comments