Kamis, Juni 17, 2021
BerandaBantenLima Kelompok Tani Sawit di Banten Dapat Bantuan PSR

Lima Kelompok Tani Sawit di Banten Dapat Bantuan PSR

Banten, faktapers.id – Lima kelompok petani sawit di Banten dapat bantuan program peremajaan sawit rakyat (PSR) dari badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS).

Program PSR ini di maksut untuk membantu perkebunan rakyat dan memperbaharui perkebunan sawit nya dengan kelapa sawit yang berkelanjutan dan berkualitas, serta mengurangi resiko pembukaan lahan ilegal.

“untuk tahun ini bantuan program PSR untuk petani sawit belum turun, kalau tahun kemarin ada 5 kelompok tani di Banten yang sudah mendapatkannya di Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” kata Anitawati SP Plt Kabid perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Anitawati menjelaskan bahwa, sebenarnya yang paling berperan aktif dalam program PSR inj adalah kelompok tani, BPDPKS dan Dinas pertanian Kabupaten/Kota. Sedangkan dinas pertanian Provinsi Banten hanya membantu memverifikasi data dari kelompok tani.

“kita sangat hati-hati dalam melakukan verifikasi administrasi, luas lahan yang di verifikasi melalui aplikasi google map jadi sangat akurat, orang pusat juga bisa memantau program ini secara menyeluruh melai dari proses pengajuan awal hingga tahap monitor dan evaluasi melalui aplikasi PSR online,” ungkapnya.

Anggaran program PSR mulai dari pembelian bibit dan pengadaan yang lainnya, semuanya di kelola oleh kelompok tani, satu kelompok tani beranggotakan minimal 20 orang. Ungkapnya.

“luasan lahan yang dapat bantuan PSR untuk satu kepala keluarga (KK) hanya di perbolehkan 4 Ha tidak bisa lebih, kalau teman-teman wartawan ingin tau lebih detail, silahkan langsung ke Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan itu,” kata Anita dengan cetus. RM

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments