Headline

Pengungsian Klaten Terpantau Realtime Lewat CCTV

×

Pengungsian Klaten Terpantau Realtime Lewat CCTV

Sebarkan artikel ini

 

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) menambah fasilitas Closed Circuit Television atau CCTV di Tempat Evakuasi Sementara (TES) di Desa Balerante dan Tegalmulyo.

Pemasangan perangkat ini dimaksudkan untuk menampilkan dan merekam aktifitas kegiatan warga di lokasi pengungsian. Sedangkan hasilnya bisa dipantau langsung secara realtime di Posko Induk di Pendopo Setda Klaten.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Klaten Amin Mustofa, mengatakan, sejak penetapan kenaikan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga level III, Dinas Kominfo sesuai kewenangan tugas dan fungsi baik di bidang penguatan jaringan internet dan komunikasi publik telah berusaha maksimal. Dengan potensi yang ada tim teknis telah memasang enam titik kamera CCTV di dua lokasi TES Desa Balerante dan Tegalmulyo.

Menurutnya, atas petunjuk Pejabat Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko Dinas Kominfo diminta untuk memasang CCTV di dua lokasi yakni TES Desa Balerante dan Tegalmulyo masing-masing ada tiga titik pada, Jumat (27/11/20).

“Saat ini bisa dicek video pantauan CCTV di TES Desa Balerante dan Tegalmulyo sudah bisa dilihat di Posko Merapi di Pendopo Setda Klaten. Di dua desa ini tidak ada kendala karena jaringan internet sudah tersedia,” terangnya, Rabu (2/12/2020).

Ditambahkan Amin, dengan pemasangan CCTV ini difokuskan pada titik pantau kedatangan pengungsi, bilik pengungsian dan dapur umum. Jadi nantinya jika ada tamu luar kota, tidak harus ke lokasi dan bertemu dengan pengungsi untuk menghindari kontak langsung.

Ia menekankan kalau kondisi covid 19 ini pemerintah harus lebih hati-hati, terutama menghindari kontak langsung para pengungsi dengan banyak orang.
Terkait pengadaan CCTV yang dipasang di dua TES Desa Balerante dan Tegalmulyo, Amin mengatakan alat itu merupakan bantuan dari keluarga besar Kopri Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah.

“Kemarin dari Korpri Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah membantu 25 juta untuk pengadaan CCTV pengungsi. Dua paket sudah dipasang di Balerante dan Tegalmulyo. Satu paket berikutnya akan dipasang di GOR Kalimosodo berjarak 3,5 km dari Desa Sidorejo. Untuk titik GOR Kalimosodo dibutuhkan radio wireless untuk memasukan jaringan internet,” ujar Amin.

Selain memasang kamera CCTV di lokasi pengungsian sementara, Dinas Kominfo Klaten juga telah menambah bandwidth di tempat yang sama. Untuk meningkatkan akses internet bagi para pengungsi, Pemerintah Kabupaten Klaten telah ditambah bandwidth menjadi 30 Mbps dari kuota awal 10 Mbps. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *