Jumat, Februari 26, 2021
Beranda Bali Satu Tim Peneliti Ikan Hiu BPSPL Denpasar Masih Belum Ditemukan Diperairan Pulau...

Satu Tim Peneliti Ikan Hiu BPSPL Denpasar Masih Belum Ditemukan Diperairan Pulau Tepekong Candidasa

Karangasem.Bali.Faktapers.id –  Sat Polair Polres Karangasem, Ditpolairud Polda Bali, Basarnas dan Bakamla dengan menggunakan 2 RIB dan 2 unit Kapal Polisi lakukan pencarian terhadap pengunjung wisata alam bawah laut yang melakukan penyelaman di pulau Tepekong Candidasa, Dusun Samuh desa Bugbug, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem. Koordinat entry Point (10.42 WITA) 8.531968,115.588206.

Berawal dari laporan Nia Pumpun yang menerangkan bahwa salah satu rombongannya saat melakukan diving di pulau Tepekong belum muncul dari menyelam. Sebelumnya 7 tim peneliti BPSPL (Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut) Denpasar dalam rangkan Dalka penelitian terhadap ikan hiu akan lakukan aktivitasnya mulai Sabtu, (12/12) yang berangkat dari Semawang, Sanur pukul 07.30 wita, menggunakan Kapal Epsilon II dengan rombongan terdiri dari Faqih (WWF – 24thn ), Wiralaga (UNDIP / Internship WWF -21 thn), Mahardika (UNRAM -29 thn), Rita R (PUSRISKAN – 48 thn) Nia Pumpun ( BPSPL Denpasar – 29 thn), Gede Surya – (DKP Prov Bali – 26 thn).

Sementara Kapal diawaki oleh Nengah Sumarja- Kapten Boat, ( 45) dan Haerman – crew boat – ( 34 ), dan Rian – Dive Master(35), Agus – Dive Master (38), dengan tujuan Diving di Nusa Penida dan pulau Tepekong Candidasa, namun diputuskan untuk melakukan diving pertama di pulau Tepekong Candidasa, rombongan dan kapal tiba di perairan Tepekong pukul 8.30 wita menyelam sampai pukul 10.50 wita.

Cuaca bawah laut masih belum normal, akibat dari 4 hari ini terjadi gelombang pasang di beberapa perairan di Bali. 7 Tim dengan peralatan lengkap diduga diperkirakan menyelam dikedalaman 30 meter, sampai aktivitasnya selesai 6 orang berhasil naik kepermukaan laut, namun Gede Surya – (DKP Prov Bali – Pria 26 tahun) nampak tidak muncul. Nia Pumpun akhirnya menghubungi para pihak untuk bisa membantu pencarian korban namun sampai sekarang belum ditemukan, ciri-ciri korban memakai Wetsuit hitam, scubapro Fin Hitam Scubapro, membawa pisau dan SMB warna Hijau stabilo.

Kasat Pol Airud Karangasem AKP Bagus Suteja dikonfirmasi Faktapers pukul 19.00 wita atas peristiwa hilangnya korban yang kini belum ditemukan menjelasakan,”Korban belum ditemukan, tadi kita sudah koordinasi dengan Ditpolairud Polda Bali, Basarnas dan Bakamla untuk SAR Laut dan Darat dengan menggunakan 2 RIB dan 2 unit Kapal Polisi melakukan penyisiran dari pesisir pantai Candidasa sampai pantai Ujung. Pukul 18.00 wita, sesuai dengan SOP SAR, giat pencarian di hentikan sementara dan akan di lanjutkan besok pagi, namun pencarian lewat darat tetap dilakukan di wilayah sepanjang pesisir pantai Karangasem bekerja sama dengan kelompok nelayan untuk memberikan informasi apabila menemukan korban,”ujar AKP Bagus Suteja. Des

Most Popular

Recent Comments