Tak Berkategori  

Tunjangan Kinerja Untuk ASN atau PNS Bakal Dinaikkan Pemerintah Rp.9 -Rp.10 Juta

gaji pns
Ilustrasi (internet)

Jakarta, Faktapers.id  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan Pemerintah berencana menaikkan Tunjangan Kinerja (tukin) untuk aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. Minimal, tukin ASN menjadi Rp 9 juta hingga Rp 10 juta.

Menurutnya rencana tersebut harusnya dilakukan pada tahun ini. Namun, kebijakan tersebut tak diterapkan karena pandemi Covid-19.

“Insyaallah harusnya tahun ini tapi karena ada pandemi Covid, tunjangan kinerja ASN juga ingin kita tingkatkan maksimal. Jadi pegawai paling rendah ASN bisa minimal Rp 9 sampai 10 juta,” ungkap Tjahjo di   acara Grand Launching Wakaf Uang ASN Kementerian Agama, Senin (28/12/2020).

“Saya kira tugas kami di PAN RB dan Bu Menteri Keuangan, bahwa memang gaji pokok tidak mungkin naik karena menyangkut pensiun. Tapi kami dengan mitra kami Taspen sudah menghitung dengan baik ada subsidi pensiun yang akan ditingkatkan,” terangnya.

Jumlah ASN saat ini sekitar 4,2 juta, sambung Men PAN RB, Tahun depan pihaknya akan menambah 1 juta untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kita ada 4,2 juta, tahun depan akan kita tambah lagi 1 juta untuk pegawai PPK untuk guru. Karena kita masih kurang guru, 260an mulai dokter, perawat dan bidan masih ada 100 ribuan yang berkaitan dengan tenaga-tenaga penyuluh,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan lewat perencanaan dan rekrutmen sistem merit kaitan tunjangan akan bisa tertata, terdata berapa ASN yang kita butuhkan,” pungkas Tjahjo Kumolo. Uaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.