Bupati Klaten Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac

×

Bupati Klaten Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac

Sebarkan artikel ini

 

Klaten, faktapers.id – Bupati Klaten Sri Mulyani akhirnya menjadi orang pertama menjalani vaksinasi sinovac tahap pertama, bertempat di RSD Bagas Waras Klaten (Senin ,25/1/2021).

Vaksinasi orang nomor satu di Kabupaten Klaten ini untuk memberi kepastian agar masyarakat Klaten tidak ragu untuk melaksanakan vaksinasi sekaligus menekan penularan virus Covid-19 yang terus bertambah.

Selain Bupati Klaten, terdapat 10 orang yang juga divaksinasi pada hari ini. Antara lain Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Fajar Ismoyo, Kapolres Kabupaten Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Ferry Mupahir, Kepala Pengadilan Negeri Klaten Hera Kartiningsih , Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Jony Eko Prasetyo dan sejumlah tokoh agama.

Kepada awak media Bupati Sri Mulyani mengaku lebih tenang setelah menjalani vaksin. Sakit saat divaksin pun tidak begitu dirasakan sehingga tak perlu takut dan ragu menjalani vasksinasi.

“Setelah dilakukan dan diberi vaksin saya merasa lebih tenang karena kekebalan dalam tubuh saya pasti akan lebih meningkat. Ibaratnya ada benteng di dalam tubuh saya. Maka dari itu masyarakat tidak usah takut dan khawatir akan vaksin ini karena dengan divaksin akan membentengi kita dari virus Covid-19,” ungkapnya.

Sebelum divaksinasi, Bupati Klaten harus melakukan beberapa tahapan pengecekan administrasi dan medis seperti verifikasi kemudian tahap scrinning kesehatan dan terakhir tahap penyuntikan vaksin.

Pada vaksinasi tahap pertama ini akan diikuti 48 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yaitu 12 rumah sakit, 1 Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas), 1 Klinik Pratama Polres Klaten dan 32 Puskesmas di Kabupaten Klaten

Pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilanjutkan sampai Kamis 28 Januari 2021 dengan jumlah sasaran tenaga kesehatan sebanyak 5.993 orang.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo menjelaskan tujuan dari vaksinasi ini untuk memberi kekebalan imun. Karena jumlah terbatasnya vaksin, maka prioritas pelaksanakan vaksinasi akan diutamakan bagi tenaga medis dan petugas layanan publik.

“Vaksinasi Covid-19 ini bertujuan untuk mengurangi penularan Covid-19, meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian akibat covid-19 di Kabupaten Klaten serta meningkatkan herdimuniti atau kekebalan imun yang akan terbentuk setelah dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Pemkab Klaten telah menerima sebanyak 12.040 vial single dose vaksin Covid-19 Sabtu sore (23/01/2021). Saat ini vaksin tersebut disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dengan penjagaan ketat. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *