Dorong Minat Literasi, Ribuan Buku Didistribusikan di Jakarta Utara Sepanjang 2020

×

Dorong Minat Literasi, Ribuan Buku Didistribusikan di Jakarta Utara Sepanjang 2020

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara mendistribusikan ribuan buku sepanjang 2020. Pendistribusian buku merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan literasi masyarakat.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara Wahyu Prabowo mengatakan, sebanyak 7.172 eksemplar buku telah didistribusikan sepanjang 2020. Dari ribuan buku yang telah didistribusikan ini terdiri dari 896 judul.

“Tahun 2020 ini kami mencatat ribuan buku yang telah didistribusikan ke sejumlah lokasi,” kata Wahyu saat dikonfirmasi, Senin (4/1/2021).

Dijelaskannya, buku tersebut didistribusikan ke 25 lokasi baik perpustakaan umum dan swasta, maupun pojok baca yang berada di kantor pemerintah, sekolah, hingga Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Pendistribusian buku ini diharapkan dapat menunjang koleksi buku perpustakaan maupun pojok baca sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat.

“Kami punya program NSP (Nasional Standar Perpustakaan) yang berada di Kantor Kelurahan Penjaringan. Jadi kami juga turut menambah koleksi buku di sana. Begitu pun perpustakaan umum dan swasta maupun pojok baca lainnya,” jelasnya.

Pada 2021 ini, diterangkannya sejumlah kegiatan daring akan dilakukan lebih intens bagi masyarakat luas. Kegiatan daring ini mulai dari wisata literasi hingga pembinaan tenaga perpustakaan.

“Kami juga sedang mengembangkan sistem digitalisasi OCAL (One Card All Library). Yang mana sistem ini berisi rangkuman buku yang dapat diakses masyarakat,” tutupnya. Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *