Headline

Pemkab Gowa Siap Sukseskan Vaksinasi

×

Pemkab Gowa Siap Sukseskan Vaksinasi

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) siap mensukseskan pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia termasuk Kabupaten Gowa.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksin Covid-19 dan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri secara virtual zoom di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa (5/1).

Bahkan Kr Kio sapaan Wakil Bupati Gowa ini berharap Kabupaten Gowa bisa mendapatkan jatah vaksin yang banyak, mengingat jumlah dan sebaran tenaga kesehatan yang cukup banyak di Kabupaten Gowa.

”Kabupaten Gowa siap melaksanakan pemberian vaksin kepada masyarakat. Semoga di tahap pertama ini Gowa bisa langsung mendapatkan jatah vaksin yang banyak sehingga masyarakat bisa terbebas dari pandemi Covid-19 yang menimpa kita,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi dalam pemaparannya mengatakan bahwa, penyuntikan vaksin perdana akan dilaksanakan di tingkat nasional pada 13 Januari 2021, dilanjutkan 14 dan 15 Januari di tingkat Propinsi dan Kabupaten/Kota.

Dirinya juga menyampaikan jumlah kebutuhan vaksin di seluruh Indonesia berjumlah 181,5 juta jiwa. Sasaran vaksin ini telah diperluas untuk mencakup penduduk usia di atas 59 tahun dan komorbid yang terkontrol. Vaksinasi juga akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan kemudian orang – orang yang bekerja di bidang pelayanan publik.

“Setelah itu, kepada warga yang bekerja di bidang pelayanan publik yang rentan terpapar covid-19. Pemberian vaksin ini akan berlangsung sebanyak 5 kali. Diharapkan nanti tidak terjadi chaos selama pendistribusian,” jelasnya.

Menkes RI, Budi Gunadi berharap adanya keterlibatan dari pejabat publik, pengurus organisasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh agama pada saat penyuntikan perdana di semua tingkatan.

Di saat yang sama, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo mengungkapkan sejauh ini penanganan Covid-19 di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari adanya penurunan kasus aktif sebanyak 0,27% dan meningkatnya angka kesembuhan sebanyak 0,37% dalam 1 bulan terakhir.

Menurutnya, ini tentu memberikan harapan yang baik pada proses penanganan Covid-19 di Indonesia. Selain itu, angka surveilans paparan Covid-19 juga terus meningkat. Hanya saja, kata dia masih belum merata di beberapa wilayah di Indonesia. Olehnya itu, Doni berharap untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sekalipun telah diberikan vaksin.

Doni yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB memperlihatkan sebaran kepatuhan penggunaan masker di wilayah Indonesia. Sebanyak 19.96% dari 496 kabupaten/kota yang memiliki tingkat kepatuhan memakai masker kurang dari 60%; 23.79% kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan 61%-75%; 38.51% kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan 76%-90%; dan 17.74% kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan di atas 90%.

”Saya mengutip pesan dari Bapak Presiden Joko Widodo. Meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, selalu harus terus kita lakukan,” tandasnya. Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *