Jumat, September 24, 2021
BerandaTingkatkan Profesionalitas, Polisi Militer Kolinlamil Latih Olah TKP
Array

Tingkatkan Profesionalitas, Polisi Militer Kolinlamil Latih Olah TKP

 

 

Jakarta, faktapers.id –  Polisi Militer Komando Lintas Laut Militer (sebelumnya Disprov Kolinlamil) mengadakan latihan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara )  kecelakaan lalu lintas (laka lalin) di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/1).

Latihan ini merupakan bagian dari latihan fungsi Polisi Militer triwulan I tahun 2021 yang diikuti 25 orang prajurit Polisi Militer Kolinlamil, Satprov Satlinlamil Jakarta dan Satprov Denma Kolinlamil.

Komandan Polisi Militer Kolinlamil Letkol Laut (PM) Aman Kurniawan menjelaskan tujuan dilaksanakan latihan olah TKP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan prajurit Polisi Militer Kolinlamil dalam mencari penyebab terjadinya suatu kecelakaan.

Pada latihan ini, dicari penyebab kecelakaan dari teori-teori yang ada, apakah akibat kelalaian   pengemudi atau ada unsur kesengajaan dan kesalahan teknis. Selain itu, juga diselidiki kelayakan material kendaraan yang digunakan. Penyidikan yang dilakukan ini,   kemudian  dilaporkan kepada pemimpin untuk diambil langkah-langkah kebijakan selanjutnya dalam mengambil keputusan.

Lebih lanjut Komandan Polisi Militer Kolinlamil menegaskan kepada seluruh prajurit Polisi Militer di jajaran Kolinlamil mampu untuk mengemban fungsi keprovosan atau ke-polisimiliter-an diantaranya menangani kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anggota TNI AL khususnya prajurit Kolinlamil.

Latihan fungsi provos merupakan latihan rutin yang dilaksanakan tiap triwulan sebagai penyegaran bagi prajurit Polisi Militer kolinlamil agar mereka memahami dan menguasai delapan fungsi provos dari Polisi Militer antara lain penyelidikan (lidik), penyidikan (idik), patroli jalan kaki dan bermotor, pengamanan personel dan dokumen, patroli, pengaturan lalu lintas, pemberkasan perkara disiplin, pengawalan, dan penanganan kecelakaan dan olah TKP kecelakaan lalu lintas serta kemahiran menembak pistol.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irvansyah, S.E, CHRMP, M.Tr (Opsla) menginstruksikan jajaran provoos Kolinlamil untuk meningkatkan penegakkan aturan dan disiplin para prajurit Kolinlamil dan mencegah pelanggaran tindak pidana prajurit Kolinlamil.

“Jajaran Polisi Militer Kolinlamil harus meningkatkan penegakan aturan dan disiplin kepada prajurit jajaran Kolinlamil guna mencegah tindak pidana yang dapat dilakukan prajurit” kata Panglima Kolinlamil menegaskan. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments